Lezat dan Mengenyangkan, Apakah Dimsum Mengandung Kolesterol?

Rabu, 03 Agustus 2022 - 10:05 WIB
loading...
Lezat dan Mengenyangkan, Apakah Dimsum Mengandung Kolesterol?
Kolesterol bisa terkandung di banyak varian makanan, salah satunya dimsum. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol bisa terkandung di banyak varian makanan. Ya, apa yang kita konsumsi sehari-hari, bisa jadi makanan yang tinggi kadar kolesterol jahatnya.

Bicara makanan, salah satu camilan populer dan disukai masyarakat karena kelezatannya adalah dimsum . Namun, di balik kelezatan dan cukup membuat kenyang saat dimakan, apakah dimsum mengandung kolesterol?

Meskipun tergolong makanan ringan, dimsum disebut-sebut mengandung kolesterol karena memiliki berbagai varian isi untuk menambah kelezatan. Mulai dari daging ayam, sapi, hingga aneka seafood seperti udang dan cumi yang tentunya membuat dimsum memiliki kandungan kolestrol dengan tingkat yang berbeda-beda.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Dilansir dari Fat Secret Indonesia, Rabu (3/8/2022), dalam dimsum berukuran 100 gram terdapat 112 kalori di dalamnya. Dari kalori ini terpecah lagi ke dalam lemak, karbohidrat, dan protein.

Pada 112 kalori dalam 100 gram dimsum memiliki total kandungan lemak sebanyak 2,64 g, kolesterol 48 mg, protein 11,55 g, karbohidrat 9,56 g, serat 0,5 g, gula 0,57 g, sodium 435 mg, serta kalium 188 mg.

Meski begitu, takaran kalori hingga kandungan kolesterol dimsum tersebut tentu berbeda di setiap pengolahan. Baik untuk dimsum yang digoreng, dikukus, ataupun dengan isian tertentu.

Misalnya, seperti yang dikutip dari Nutrionix, dalam 1 dimsum ayam 758 gram, ada 1,484 kalori yang terkandung. Dalam jumlah kalori, dimsum goreng tersebut memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi yakni 62% atau 40 gram lemak.

Baca Juga: Santan Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Nah, dimsum yang berisi olahan daging ayam hingga daging sapi sering kali mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolestrol yang tinggi juga dapat memicu timbulnya penyakit lain yang dapat membahayakan diri. Terlebih jika memasak dimsum tersebut dengan cara digoreng.

Anda bisa memilih dimsum isi sayuran sebagai salah satu alternatif untuk meminimalisir kandungan kolestrol, bahkan bisa dimakan saat sedang melalukan prgram diet. Pasalnya, untuk ukuran sekitar 29 gram dimsum isi sayuran, hanya mengandung setidaknya 50 kalori, 2% lemak, dan kandungan kolesterol yang cuma 3% atau 8,5 miligram.

Jadi, apakah dimsum mengandung kolesterol? Kesimpulannya, tergantung pada isian dimsum dan cara proses memasak dimsum itu sendiri. Sebaiknya, jangan mengonsumsi dimsum dengan isi yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi seperti daging olahan hingga seafood secara berlebihan.

Pengolahan dimsum juga lebih baik dengan cara dikukus daripada digoreng untuk menghindari dimsum dari kandungan kolesterol yang tinggi.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.55#12.26)