Ini Skincare Rutin bagi Laki-Laki agar Kulit Wajah Terawat

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 20:42 WIB
loading...
Ini Skincare Rutin bagi Laki-Laki agar Kulit Wajah Terawat
Dokter Michael Lawanto tengah merawat pasien laki-laki di kliniknya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Merawat kulit bagi laki-laki penting rutin dilakukan, terlebih oleh mereka yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan.

Pentingnya merawat kulit wajah dan memakai skincare bagi laki-laki dibenarkan oleh dr. Michael Lawanto. Dokter Michael mengungkapkan beberapa alasan kenapa kulit wajah laki-laki bisa bermasalah.

“Yang pertama. Laki-laki yang mempunyai kulit wajah bermasalah biasanya malas, acuh tak acuh terhadap wajahnya sendiri sehingga jarang memakai skincare karena mereka nggak terlalu menanggap penting skincare. Padahal laki-laki itu sering berkegiatan di luar, kena sinar matahari, debu, kotoran sehingga timbul jerawat," ungkap dr. Michael.

"Yang kedua, pada saat berjerawat, mereka suka iseng menyentuh area jerawat dengan jari-jari,” tambahnya.

Selanjutnya, dr. Michael Lawanto menceritakan masalah kulit wajah pasien laki-laki yang pernah datang ke klinik miliknya, dr. MF.

Walaupun perbandingan pasien laki-laki dengan perempuan di kliniknya 2:8 atau hanya 20%, namun masalah kulit wajah pada pasien laki-laki yang datang kebanyakan sama.

“Rata-rata, masalah kulit wajah pasien laki-laki yang ditangani klinik dr. MF itu wajahnya bopeng, berjerawat, dan berflek. Masalah itu bisa timbul karena memang masih banyak kaum laki-laki yang lalai merawat kulit," lanjut dr. Michael Lawanto.

Karena masalah ini, dr. Michael memberikan informasi produk skincare yang setidaknya harus digunakan laki-laki. "Laki-laki sebenarnya nggak perlu merawat kulit seintensif perempuan. Namun, laki-laki harus waspada terhadap sinar matahari karena dampak sinar matahari itu sama bahayanya buat laki-laki dan perempuan. Apalagi semakin ke sini, efek sinar UV semakin memburuk," jelas dr. Michael.

"Jadi, selain facial wash, untuk laki-laki kulit normal harus memakai sunblock atau sunscreen setiap hari. Bagi kulit yang sedang berjerawat, laki-laki boleh memakai krim siang, malam, atau serum. Tetap sunblock atau sunscreen yang jadi nomor satu," kata dokter yang juga aktif di Instagram ini.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)