Minuman Penurun Gula Darah dalam Hitungan Menit untuk Penderita Diabetes

Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:50 WIB
loading...
Minuman Penurun Gula Darah dalam Hitungan Menit untuk Penderita Diabetes
Ada minuman penurun gula darah yang ampuh dalam hitungan menit untuk penderita diabetes. Menurut penelitian, minuman enak yang bisa membantu adalah jus delima. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada minuman penurun gula darah yang ampuh dalam hitungan menit untuk penderita diabetes . Menurut penelitian, salah satu minuman enak yang bisa membantu melakukan hal itu adalah jus delima.

Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Current Developments in Nutrition melihat efek dari mengonsumsi satu dosis jus delima delapan ons pada kadar gula darah. Para peneliti merekrut 21 individu dengan berat badan yang sehat dan normal.

Dilansir dari Express, Selasa (9/8/2022) para peserta ini secara acak diminta untuk minum air, jus delima, dan minuman berbasis air untuk mencocokkan kandungan gula dalam jus delima.

Setelah rejimen ini, para peserta menjalani periode pembersihan selama seminggu diikuti dengan mengonsumsi minuman yang belum pernah mereka minum sebelumnya. Para peneliti juga mengumpulkan gula darah puasa mereka sebelum, dan pada 15, 30, 60, 90, 120, 150 dan 180 menit setelah minum.


Para peserta juga dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan kadar insulin serum puasa mereka. Sementara asupan air tidak mengubah kadar gula darah pada peserta mana pun, jus delima membawa hasil yang menjanjikan.

Mereka yang memiliki insulin serum puasa rendah mengalami penurunan gula darah yang signifikan pada 15 menit. Studi menyimpulkan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa komponen dalam jus delima bisa mengatur metabolisme gula darah seseorang.

Salah satu bagian kuat dari jus delima adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Delima kaya akan antosianin, pigmen yang memberi warna khas pada jus, dan makanan ini kaya akan antioksidan.

Di mana antioksidan mampu mengikat gula dan mencegah efek besar pada kadar insulin. Sementara mekanisme di balik jus delima dan kadar gula darah tidak sepenuhnya jelas, ada lebih banyak penelitian yang mendukung efeknya.


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, menemukan bahwa jus hitam mampu menurunkan glukosa serum puasa dan menurunkan resistensi insulin pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Sama halnya dengan penelitian sebelumnya, hasil ini terlihat cukup cepat, hanya tiga jam setelah menikmati minuman buah.

Sementara itu, gejala diabetes tipe 2 meliputi kencing lebih dari biasanya (terutama di malam hari), merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, penurunan berat badan yang tidak disengaja, gatal di sekitar penis atau vagina, atau sariawan berulang kali, luka atau luka sembuh perlahan dan penglihatan kabur.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)