Giatkan Literasi Keuangan sejak Dini melalui Cerpen Karya Duta Menabung

Rabu, 10 Agustus 2022 - 18:08 WIB
loading...
Giatkan Literasi Keuangan sejak Dini melalui Cerpen Karya Duta Menabung
PermataBank melalui PermataHati kembali meluncurkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) sebagai bagian dari rangkaian inisiatif PermataBankirCilik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PermataBank melalui PermataHati kembali meluncurkan buku kumpulan cerita pendek (cerpen) sebagai bagian dari rangkaian inisiatif PermataBankirCilik. Dalam buku keempat ini, terpilih lima cerita yang terangkum dalam sebuah kumpulan cerpen berjudul Sahabat Permata Gemar Berbagi: 5 Kisah Inspiratif Penuh Kebaikan.

Dikurasi dari hasil karya 150 siswa SD dan SDLB Duta Menabung peserta PermataBankir Cilik 2021 dari Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Yogyakarta, cerpen ini bertujuan untuk mengedukasi literasi keuangan melalui kacamata murid peserta PermataBankir Cilik.

Peluncuran serangkaian buku literasi keuangan untuk anak merupakan hasil kerja sama PermataHati yang telah berlangsung sejak 2019 dengan mitra strategisnya, PiBo. Sebagai pelopor perpustakaan digital, PiBo menyediakan akses Modul Finansial interaktif dalam bentuk buku digital bergambar yang dapat diakses secara luas dan gratis.

PermataBankir Cilik merupakan bagian dari inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) PermataBank, PermataHati, yang bertujuan memberikan edukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya sehingga menginspirasi generasi muda untuk menjadi Duta Menabung. Program ini juga didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Sebagai hasil dari kegiatan yang berlangsung selama tiga bulan, para Duta Menabung diminta untuk membuat karya cerita pendek tentang konsep 3-in (Tabung-in, Jajan-in, Bagi-in).

Division Head of Corporate Affairs PermataBank Richele Maramis mengatakan, dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, pihaknya melihat peluang untuk menyebarkan literasi keuangan melalui media digital yang sudah secara konsisten dilakukan selama empat tahun terakhir.

"Kami berharap buku ini mencapai tujuan dan aspirasinya, yaitu turut melahirkan generasi masa depan Indonesia yang cerdas dalam membuat keputusan keuangan, menginspirasi mereka untuk mengukir senyum dengan aksi kebaikan, serta mendorong mereka untuk lebih berani mengasah kreativitas dan membagikannya kepada lingkungan dan teman-teman sebaya mereka," paparnya.

Berikut adalah lima cerpen pilihan tahun ini:

1. Judul Cerita: “Layang-layang Persahabatan”. Karya: Fadhil Putra Athallah - SDN Pondok Kacang Barat 03, Tangerang Selatan
2. Judul Cerita: “Tawa Bahagia Berbagi”. Karya: Muhammad Adinda Hanif Ibrahim – SDN 257 Pelita, Bandung.
3. Judul Cerita: “Selendang Baru Sinta”. Karya: Cahya Ayu Kinasih Larasati – SDN Ungaran 1, Yogyakarta.
4. Judul Cerita: “Baju Batik Untuk Kakek”. Karya: Mukhammad Arwan Rizkyana – SDN Pela Mampang 09, Jakarta.
5. Judul Cerita: “Buah dari Kebaikan Hati Salman”. Karya: Aqilah Fasha Rabbani – SDN Jurangmangu Timur 02, Tangerang Selatan.

“Dengan bangga, kami meluncurkan buku ini sebagai bentuk komitmen nyata terhadap pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan dunia anak yang sarat dengan rasa ingin tahu dan kegembiraan, kami berharap buku “Sehabat Permaga Gemar Berbagi: 5 Kisah Inspiratif Penuh Kebaikan” yang dikemas dalam tampilan menarik dan cerita yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari ini akan bermanfaat bagi anak-anak pembaca, para orang tua, dan guru di manapun berada di seluruh penjuru Indonesia," terang Aisha Habir, Co-founder PiBo.

Buku cerpen ini melengkapi tiga buku literasi keuangan digital yang diluncurkan sebelumnya, yaitu Bintang Pandai Mengelola Uang, Komik Literasi Keuangan, dan Kecil-kecil Pandai Menabung yang hingga kini telah diakses serta dinikmati oleh lebih dari 1.300 pembaca.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3012 seconds (10.101#12.26)