4 Trik agar Budget Keperluan Dapur Senantiasa Aman

Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:31 WIB
loading...
4 Trik agar Budget Keperluan Dapur Senantiasa Aman
Salah satu kantong budget yang paling penting dalam keluarga adalah bahan pokok di dapur untuk kebutuhan makanan sehari-hari. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Salah satu kantong budget yang paling penting dalam keluarga adalah bahan pokok di dapur untuk kebutuhan makanan sehari-hari. Supaya dapur tetap ‘ngebul’, para ibu umumnya harus memutar otak agar uang belanja tidak sampai membengkak.

GM Marketing Prima Freshmart Laurensius Zaouputra mengatakan, pangan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak mungkin dilewatkan. Untuk itu, makan sehari-hari biasanya menjadi salah satu kantong budget yang mudah ‘bocor’ karena sifatnya yang reguler dan kontinu.

"Inilah yang menjadi tantangan bagi kebanyakan keluarga. Bagaimana keluarga bisa tetap hidup sehat, namun juga terjaga. Memahami tantangan tersebut, Prima Freshmart sebagai sahabat dapur bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan berbagai promo cashback di sepanjang bulan Agustus. Diharapkan hal ini dapat membantu masyarakat dalam mengatur pengeluaran dapurnya," papar Laurensius melalui keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Banyak yang beranggapan bahwa memasak makanan sendiri di rumah adalah solusinya. Tapi, ternyata hal tersebut tidak menjamin jika tidak disiasati dengan baik. Berikut empat tips dari Prima Freshmart agar budget kebutuhan dapur tetap terjaga.

1. Tetap on track dengan buat daftar menu mingguan

Sadar atau tidak, terkadang saat berbelanja kebutuhan dapur, kita cenderung membeli berlebihan dengan pemikiran ‘siapa tahu dibutuhkan’. Padahal beberapa bahan akhirnya terbuang begitu saja karena membusuk di dapur lantaran bingung akan diolah menjadi menu apa.

Nah, inilah pentingnya membuat daftar menu makanan mingguan. Sehingga, kita bisa tahu persis bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan selama satu minggu dan memperkecil risiko bahan dapur yang terbuang.

2. Coba teknik food preparation

Setelah belanja bahan dapur untuk seminggu kedepan, kini saatnya melakukan food preparation. Secara garis besar, food preparation merupakan metode mempersiapkan bahan baku mentah menjadi siap masak, meliputi mencuci, memotong, mencincang, dan lain-lain. Anda bisa mempersiapkan semua bahan tersebut sesuai dengan menu mingguan yang telah dirancang sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa membagi-bagi bahan makanan dengan lebih presisi untuk tiap menu.

Teknik ini cukup efektif untuk membuat bahan dapur tetap awet selama seminggu, cukup siapkan wadah kering dan tertutup. Untuk memudahkan, Anda juga bisa membeli berbagai produk makanan beku yang tahan lama. Seperti bahan-bahan yang tersedia di Prima Freshmart, mulai dari ayam, bebek, serta berbagai produk olahan berkualitas lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)