5 Mitos Soal Antibiotik yang Tak terbukti Kebenarannya, Jangan Dipercaya

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 15:28 WIB
loading...
A A A
Penggunaan antibiotik tidak memiliki peranan untuk mengatasi keluhan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk dinilai penyebab keluhan radang tenggorokan, lebih ke arah infeksi virus atau bakteri.

5. Mitos: Antibiotik dapat mengatasi seluruh infeksi bakteri

Ketika mengalami infeksi bakteri, memang benar terapi yang tepat dan sesuai adalah konsumsi antibiotik. Namun bukan berarti satu jenis antibiotik dapat mengatasi seluruh jenis infeksi bakteri.

Keluhan infeksi bakteri pada saluran pernapasan akan diterapi menggunakan jenis atibiotik yang berbeda dengan keluhan infeksi bakteri pada saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh jenis bakteri yang menyebabkan infeksi juga berbeda.

Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk diberikan terapi yang tepat, termasuk bila memerlukan terapi antibiotik dapat diberikan jenis antibiotik yang sesuai.

Patuhilah anjuran dokter Anda dalam menggunakan obat antibiotik. Jika dokter meminta Anda untuk menghabiskannya, ikuti saran tersebut dengan baik. Ingat, pemakaian antibiotik yang tidak bijak malah dapat merugikan kesehatan Anda pada kemudian hari.

Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya? Yuk, tanyakan langsung kepada dokter di aplikasi Klikdokter

Oleh :dr. Valda Garcia
(wur)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)