alexametrics

Sebelum Jalani Diet Keto, Anda Harus Tahu Efek Sampingnya

loading...
Sebelum Jalani Diet Keto, Anda Harus Tahu Efek Sampingnya
Diet keto dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, sebelum menjalaninya, Anda harus mengetahui bahwa diet ini juga disertai efek samping. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Diet keto telah meraih popularitas, di mana Anda mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, harus diketahui bahwa diet ini juga disertai efek samping.

Pada dasarnya, diet keto terdiri dari 80% lemak, 15% protein dan sedikitnya 5% kalori dari karbohidrat dan mengikuti rencana diet tinggi lemak, rendah karbohidrat yang ketat, tentu akan membuat Anda mengurangi berat badan.

Catatannya, mungkin ada beberapa efek samping pada tubuh. Jadi, seperti dilansir Times of India, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menjalani diet keto.



1. Anda bisa terkena keto flu
Ya, ini adalah hal yang nyata. Keto flu terjadi ketika Anda mengurangi karbohidrat dan masuk ke kondisi ketosis di mana tubuh Anda mulai membakar lemak untuk energi. Ini bisa membuat Anda sakit kepala, mual, lelah, dan diare.

Efek samping ini adalah karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya alih-alih karbohidrat. Setelah tubuh mulai beradaptasi dengan sumber bahan bakar baru ini, Anda akan secara otomatis merasa lebih baik.

2. Penurunan berat badan lebih awal
Karbohidrat mengandung lebih banyak air daripada lemak dan protein sehingga diet keto dapat menghasilkan langsing lebih awal. Ketika Anda berhenti makan karbohidrat, semua air tambahan akan keluar melalui urin, itulah sebabnya Anda turun beberapa kilogram dalam skala dan Anda mulai terlihat lebih ramping.

Penurunan pertama ini mungkin berat air dan kebanyakan orang yang mengikuti diet keto merasa sulit untuk tetap dengan rencana makan yang ketat. Jadi, jika Anda berhenti secara acak pada diet ini, Anda akan mulai menambah berat badan dengan cepat. (Baca juga: Frekuensi Berhubungan Seks, Benarkah Jadi Patokan Kebahagiaan Pasangan?).

3. Menyebabkan sembelit
Yang ini adalah efek samping umum dari rencana diet yang rendah karbohidrat Karena Anda sangat membatasi asupan karbohidrat, Anda idealnya mengucapkan selamat tinggal pada makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian utuh dan sebagian besar buah-buahan dan sayuran.

Seiring dengan itu, tubuh Anda kehilangan berat air yang berarti Anda menyumbat pipa Anda yang akhirnya menghasilkan masalah pertimbangan. Inilah sebabnya, Anda bisa memasukkan kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran non-tepung sebagai opsi makanan ramah keto Anda untuk mengurangi sembelit.

4. Mulai merasa haus sepanjang waktu
Pada saat ini Anda pasti sudah mengerti bahwa tubuh Anda mulai kehilangan banyak air saat Anda menjalani diet keto dan karenanya, rasa kering adalah efek samping lain dari mengikuti rutinitas diet ini. Secara umum, cobalah minum air yang cukup sehingga urin Anda jernih atau kuning pucat.

5. Mulai merasa kehilangan nafsu makan
Ketika Anda melakukan perjalanan penurunan berat badan, Anda merasa lapar dan terus berjuang mengidam setiap saat. Tapi itu tidak terjadi dengan diet keto. Di sini, Anda akan merasa kurang lapar dan tidak akan merasakan mengidam makanan tertentu. Diet rendah karbohidrat bisa menekan produksi hormon kelaparan seperti ghrelin.

6. Kulit lebih bersih
Setelah Anda mempraktikkan rencana diet keto, Anda cepat atau lambat akan mulai melihat perubahan tekstur kulit. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat memperburuk jerawat dan jerawat. Dan karena diet tidak memungkinkan karbohidrat, kulit akan mulai bersih dan itu akan membantu Anda memecahkan masalah jerawat dan jerawat.
(tdy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak