5 Jamu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:19 WIB
loading...
5 Jamu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Aman Dikonsumsi
Kolesterol tinggi dapat diturunkan kadarnya dengan mengonsumsi beberapa jamu yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Jika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal, itu bisa menumpuk di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kolesterol bisa disebabkan karena jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, serta mengalami stres juga dapat memicu kolesterol tinggi.



Beberapa jamu yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Tetapi, sebelum Anda mencoba jamu apa pun, tanyakan kepada profesional kesehatan untuk menentukan apakah itu aman untuk Anda.

Lantas, apa saja jamu penurun kolesterol? Dirangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022), simak ulasannya di bawah ini.

1. Kunyit

Kunyit biasa ditemukan pada minuman yang dijadikan jamu. Menariknya, kunyit mempunyai khasiat yaitu menurunkan kolesterol. Terlebih jika mengonsumsi kunyit putih, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

Tanaman jamu-jamuan dikabarkan bisa menjadi alternatif obat herbal bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Sehingga, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

2. Jahe

Saat memakan jahe, ada sensasi rasa pedas hangat. Sama seperti kunyit, jahe juga dipercaya sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)