7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Meski Sudah Makan, Nomor Terakhir Patut Diwaspadai

Selasa, 16 Agustus 2022 - 15:10 WIB
loading...
7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar Meski Sudah Makan, Nomor Terakhir Patut Diwaspadai
Rasa lapar bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan asupan makanan. Seperti diketahui, rasa lapar maupun nafsu makan diatur oleh interaksi kompleks antara sistem endokrin, pencernaan, dan neurologis. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Rasa lapar bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang membutuhkan asupan makanan. Seperti diketahui,rasa lapar maupun nafsu makan diatur oleh interaksi kompleks antara sistem endokrin, pencernaan, dan neurologis.

Masing-masing mengirim sinyal ke otak untuk menentukan apakah sudah waktunya untuk memberi tubuh asupan makanan.

Normalnya, seseorang yang sudah menyantap makanan akan merasa kenyang. Namun sebagian orang cepat merasa lapar kembali meski sudah makan sekalipun.

Dikutip dari Health Line dijelaskan beberapa kebiasaan dalam gaya hidup yang kemungkinan bisa menjadi penyebab rasa lapar terus datang.



1. Terganggu saat Makan

Menurut Health Line, ada sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang terganggu saat makan akan cenderung merasa kurang kenyang. Alhasil, keinginan untuk makan sepanjang hari bertambah besar,

Bila ada sesuatu yang menganggu pikiran ketika makan, disarankan untuk berlatih mindfulness.

2. Makan Terlalu Cepat

Rasa lapar yang datang kembali meskipun sudah menyantap suatu hidangan bisa jadi disebabkan karena Anda makan terlalu cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika makan terlalu cepat, seseorang akan merasa kurang kenyang ketimbang mereka yang makan dengan lebih lambat.

Bila Anda adalah salah satu orang yang terbiasa makan dengan cepat, mulai lah coba untuk mengunyah makanan lebih teliti lagi.

3. Stress

Mengapa stress dapat membuat seseorang merasa cepat lapar padahal sudah makan? Hal ini dikarenakan hormon kortisol meningkat ketika stress muncul.

Ya, hormon kortisol ini lah yang dapat meningkatkan rasa lapar atau mengidam makan sesuatu. Untuk meredam stress, coba lah sesekali melakukan yoga atau meditasi.

4. Banyak Olahraga

Kebiasaan selanjutnya yang membuat seseorang cepat lapar adalah olahraga. Seseorang yang banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga umumnya memiliki nafsu makan lebih besar serta metabolisme yang cepat.

Ketika Anda banyak melakukan olahraga, Anda memang perlu mengkonsumsi banyak makanan untuk menjadi 'bahan bakar' dalam melakukan latihan fisik.

5. Kurang Tidur

Diketahui rasa lapar yang muncul meskipun sudah makan bisa berasal dari produksi hormon ghrelin yang berantakan. Untuk itu lah, tidur cukup sangat penting demi mengatur hormon ghrelin.

Orang yang kurang tidur, kadar hormon ghrelin-nya akan cenderung lebih tinggi. Usahakan untuk mengatur rutinitas tidur yang cukup untuk tubuh.

6. Asupan Makanan Kurang Cukup

Terkadang, merasa lapar kembali meskipun sudah makan hanya karena masalah sederhana. Seperti misalnya makanan yang Anda konsumsi di siang hari tidaklah cukup.

Jadi wajar saja ketika lapar dengan mudah menyerang kembali saat konsumsi makanan kurang banyak.

7. Gula Darah Tinggi dan Resistensi Insulin

Penyebab cepat lapar meskipun sudah makan selanjutnya adalah gula darah tinggi dan resistensi insulin. Memiliki dua hal tersebut secara signifikan dapat meningkatkan rasa lapar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)