Ini Alasan Selalu Lapar saat Musim Hujan dan Makanan yang Harus Dikonsumsi

Selasa, 30 Januari 2024 - 13:40 WIB
loading...
Ini Alasan Selalu Lapar saat Musim Hujan dan Makanan yang Harus Dikonsumsi
Ada beberapa alasan mengapa seseorang selalu merasa lapar lebih sering saat musim hujan. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi termasuk cuaca dingin. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa alasan mengapa seseorang selalu merasa lapar lebih sering selama musim hujan . Beberapa faktor yang dapat memengaruhi nafsu makan dan membuat seseorang merasa lapar termasuk cuaca dingin.

Saat musim hujan , suhu udara cenderung lebih rendah. Tubuh cenderung membakar lebih banyak energi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Ini dapat meningkatkan kebutuhan kalori, dan sebagai respons, seseorang merasa lebih lapar .

Musim hujan juga seringkali disertai dengan cuaca yang tidak mendukung kegiatan di luar ruangan atau olahraga. Kurangnya aktivitas fisik dapat membuat seseorang merasa lebih lapar karena tubuh tidak menggunakan energi sebanyak biasanya.

Di sisi lain, beberapa orang merespons perubahan cuaca dengan perubahan mood, seperti kelelahan atau kurang semangat. Mood yang kurang baik dapat memengaruhi pola makan dan membuat seseorang cenderung makan lebih banyak atau lebih sering.



Selain itu, beberapa orang memiliki kebiasaan makan sebagai respons terhadap suasana hati atau stres. Musim hujan, dengan perubahan cuaca dan potensi dampaknya pada suasana hati, bisa memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan untuk kenyamanan.

Musim hujan juga dapat menyebabkan kurangnya paparan cahaya matahari, yang dapat mempengaruhi produksi serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan dalam mengatur mood dan nafsu makan. Ketika tingkat serotonin rendah, seseorang akan merasa lapar lebih sering.

Makanan yang Dikonsumsi saat Musim Hujan



Pilihlah makanan yang bergizi namun tetap nikmat untuk dinikmati ketika hujan. Dilansir dari Pain and Wellness Center, Selasa (30/1/2024) berikut makanan yang baik dikonsumsi saat musim hujan.

1. Sup


Makanan terbaik ketika musim hujan salah satunya adalah sup. Anda bisa menikmatinya dengan berbagai resep yang sesuai selera. Semangkuk sup hangat dengan rasa kaldu serta campuran beberapa sayuran, tentunya bisa membuat tubuh terasa segar kembali.



2. Susu Hangat


Susu dan produk olahan lainnya seperti yoghurt, dan keju bisa menjadi alternatif makanan atau minuman yang dikonsumsi saat musim hujan. Ini karena mengandung banyak vitamin, protein, dan kalsium, susu yang dapat membantu terhindar dari berbagai penyakit.

3. Bubur


Mungkin Anda sudah tidak asing dengan makanan seperti bubur. Meskipun makanan ini sering dijumpai pada saat sarapan, tetapi bubur juga masih nikmat untuk menjadi teman ketika menghadapi hujan turun.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3121 seconds (0.1#10.140)