Hindari Cedera saat Lomba 17 Agustus, Dokter Sarankan Ini

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:30 WIB
loading...
Hindari Cedera saat Lomba 17 Agustus, Dokter Sarankan Ini
Cedera kerap terjadi saat mengikuti lomba 17 Agustus. Namun, kondisi ini bisa dihindari dan diminimalisir dengan beberapa cara. Khusunya, cedera pada anak-anak. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cedera kerap terjadi saat mengikuti lomba 17 Agustus . Namun, kondisi ini bisa dihindari dan diminimalisir dengan beberapa cara. Khusunya, cedera pada anak-anak.

Ahli kesehatan olahraga dr Grace Joselini Corlesa, Sp.KO.MMRS mengatakan bahwa para orang tua harus bisa memahami aktivitas fisik apa yang akan dilakukan anak. Sehingga bisa disesuaikan dengan kostum yang digunakan saat perlombaan.

Penting juga memperhatikan lokasi atau tempat perlombaan, apakah di dalam ruangan atau luar ruangan.

"Jadi kaya kita (orang tua) harus tahu ya kegiatannya apa, jika outdoor harus dilihat berapa suhunya, terus pakai baju apa yang sesuai," kata dr Grace saat jumpa pers Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) RS Pondok Indah, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: 10 Sayuran yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Ampuh Khasiatnya

"Kemudian, kalau aktivitas lari harus pakai sepatu yang juga disesuaikan, supaya bisa menimalisir dari cidera -cidera," tammbahnya.

Selain itu, dr Grace juga menyarankan agar sebelum perlombaan atau aktivitas fisik dan olahraga, anak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Hal tersebut juga bisa meminimalisir cedera pada tubuh, seperti kaki, tangan dan lainnya.

Tidak lupa antusiasme anak mengikuti perlombaan 17 Agustus, tidak boleh dipatahkan dengan alasan takut mengalami cedera. Dalam hal ini para orang tua harus bisa mendukung dan memahami anak.

"Kemudian melakukan stretching-stretching atau pemanasan dan juga nutrisi makanannya dan istirahat yang cukup. Yang penting antusiasme aktivitas dan olahraga jangan dipatahkan," tandasnya.

Baca Juga: 5 Jamu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh dan Aman Dikonsumsi
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1769 seconds (11.210#12.26)