4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Darah Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari

Selasa, 16 Agustus 2022 - 19:47 WIB
loading...
4 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari untuk Mencegah Darah Tinggi, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari
Ada kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah darah tinggi. Kebiasaan ini tanpa disadari sering dilakukan setiap hari dan bmenjadi kebiasaan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah darah tinggi . Parahnya, kebiasaan ini tanpa disadari sering dilakukan setiap hari dan bahkan sudah menjadi kebiasaan banyak orang.

Karena itu, penting untuk menghindari kebiasan buruk tersebut. Pasalnya, kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda atau gejala sehingga banyak orang terdeteksi dalam kedaan terlambat.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum di mana kekuatan jangka panjang darah terhadap dinding arteri cukup tinggi. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Berikut kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk mencegah darah tinggi seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (16/8/2022).


1. Minum Alkohol

Minum alkohol bisa menyebabkan darah tinggi. Seiring waktu, minum berlebihan dapat merusak jantung. Minum lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan lebih dari dua gelas sehari untuk pria dapat mempengaruhi tekanan darah.

2. Tidak Aktif Secara Fisik

Bagi Anda yang tidak aktif secara fisik cenderung memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Semakin tinggi detak jantung, semakin keras jantung harus bekerja dengan setiap kontraksi dan semakin kuat gaya pada arteri.

Di mana kurang aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Sehingga Anda harus aktif bergerak agar tetap sehat.


3. Asupan Garam Tinggi

Konsumsi tinggi natrium dapat mempengaruhi tekanan darah. American Heart Association merekomendasikan orang tanpa hipertensi mengkonsumsi kurang dari 2.300 miligram natrium per hari. Ini sama seperti satu sendok teh.

Sementara, orang dengan tekanan darah tinggi harus mengonsumsi kurang dari 1.500 miligram sodium per hari untuk mengelola kondisi tekanan darah.

4. Tidak Makan Sayur dan Buah

Beruntunglah Anda yang suka sayur dan buah karena dapat mengurangi risiko atau mengontrol tekanan darah. Para ahli menyarankan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi lebih memprioritaskan makanan yang menyehatkan jantung.

Seperti halnya gandum utuh, makanan berserat tinggi, aneka buah dan sayur, kacang-kacangan, seperti buncis dan lentil, ikan kaya omega-3 dua kali seminggu, minyak nabati nontropis seperti minyak zaitun, unggas dan ikan tanpa kulit serta produk susu rendah lemak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)