Puas! Menikmati Wisata Alam, hingga Kuliner di Desa Bonjeruk, Lombok Tengah

Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:37 WIB
loading...
Puas! Menikmati Wisata Alam, hingga Kuliner di Desa Bonjeruk, Lombok Tengah
Lombok, dikenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Para wisatawan lokal maupun manacanegara selalu ramai berkunjung ke pulau Seribu Masjid ini
A A A
LOMBOK - Lombok, dikenal sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Para wisatawan lokal maupun manacanegara selalu ramai berkunjung ke pulau Seribu Masjid yang menawarkan aneka ragam bentang alam dan keunikannya.

Di sini, banyak desa wisata yang bisa dikunjungi untuk melepas penat dari hiruk pikuk aktivitas yang padat, salah satunya adalah Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah.

Desa wisata Bonjeruk sangat mudah dicapai, hanya berjarak 40 Kilometer dari Mandalika dan 20 Kilometer dari kota Mataram yang bisa ditempuh dengan kendaraan mobil sekitar 30 menit saja.

Memiliki hamparan sawah sejauh mata memandang membuat desa agrowisata ini masuk ke dalam 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Lalu apa saja yang bisa dinikmati ketika menjelajah ke desa wisata satu ini, yuk simak ulasannya:

Nikmati Wisata Alam yang Memesona dan Wisata Edukasi
Saat berkunjung ke desa ini, Anda akan ditawarkan melihat Tebing Purba, yakni bebatuan yang tersusun rapi dan disebut-sebut sudah berusia lebih dari 100 tahun. Tebing Purba memiliki dua lapisan batu cantik dan indah, cocok sekali untuk berswafoto ditambah dengan munculnya gemericik air terjun dibelakangnya yang memesona.

Tak cukup sehari untuk bisa puas menikmati Desa Wisata Bonjeruk, Anda bisa berlam lama disini dengan menyewa homestay dengan harga relatif terjangkau, yakni sekitar Rp150.000/ malam. Kamar yang ditawarkan tentu bersih, nyaman, dan aman sebab protokol kesehatan dan kebersihan menjadi utama dilakukan.

Desa Bonjeruk juga menawarkan wisata edukasi salah satu contohnya yaitu Biogas. Di desa ini, kotoran sapi dimanfaatkan untuk proses pembuatan Biogas. Caranya kotoran sapi yang telah terkumpul dimasukan ke dalam reaktor biogas. Selanjutnya, bakteri yang terdapat di dalam reaktor akan mengelola kotoran untuk kemudian menghasilkan gas mentana. Berikutnya gas mentana di salurkan melalui pipa yang terhubung ke dapur warga setempat.

Selain Biogas, wisata edukasi kreasi berikutnya adalah seni tenun tradisional yang selama ini turut berkontribusi secara nyata bagi peningkatan ekonomi lokal.

Ibu-ibu di Desa Bonjeruk kerap menenun di kala waktu luangnya sehingga pembuatan satu kain tenun bisa memakan waktu satu bulan lamanya. Untuk harga satu helai kain tenun Lombok dihargai Rp200.000-Rp300.000 tergantung lebar atau kecil kain tenun.

Saat berkunjung ke desa ini, Anda juga bisa belajar membuat Kriya Bambu atau kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu, seperti kriya caping, dinding rumah, atap rumah. Bahan-bahan kerajinan bambu ini juga berasal asli dari Desa Bonjeruk.

Di sini para bapak-bapaknya memiliki hobi bermain gangsing. Umumnya gangsing terbuat dari kayu dan besi. Desa Bonjeruk ini terdapat komunitas pecinta gangsing yang merupakan permainan tradisional yang berkembang dari generasi ke generasi.

Berburu Wisata Kuliner yang Unik dan Lezat
Berwisata belum lengkap rasa jika tidak berburu kuliner khas. Ada beragam kuliner unik dan lezat yang bisa dicicipi di Desa Wisata Bonjeruk ini, salah satunya Ayam Merangkat. Olahan tradisional yang berbahan dasar ayam ini bisa dijumpai di Pasar Bambu dengan suasananya yang nyaman, asri, dan khas pedesaan.

Ayam Merangkat ini diolah dengan cara dibakar, sebelumnya, ayam terlebih dahulu dibaluri bumbu ulek yang terdiri dari bawang putih, cabe, garam, serta daun jeruk. Saat menyantap Ayam Merangkat bisa ditambah dengan menu tempe, tahu, dan sayur untuk menambah kelezatan.

Desa Wisata Bonjeruk memang dikenal sebagai surganya kuliner di Lombok, selain Ayam Merangkat, kuliner yang tak kalah nikmatnya, Anda juga bisa menikmati minuman khas yakni Jaselaku yang terdiri dari bahan jahe, sereh, kayu manis, asam jawa, lada, garam ditambah dengan gula. Selain garam dan gula, semua bahan membuat minuman Jaselaku tersebut, dihasilkan asli dari Desa Bonjeruk.

Dengan beragam bahan tersebut jamu tradisional khas Desa Bonjeruk ini, tentu memiliki segudang manfaat. Untuk bisa menikmati jamu ini, Anda hanya cukup merogoh kocek Rp10.000 untuk kemasan botol siap minum, sementara untuk Jaselaku bubuk dibandrol dengan harga Rp15.000/kemasan.

Selain ayam merangkak dan jamu Jaselaku, Desa Wisata Bonjeruk memiliki kuliner lainnya yang tak kalah lezat dengan masih berbahan dasar jahe yaitu Jaje Ragi. Jaje Ragi permen jahe yang terbuat dari kelapa sangarai, gula aren,jahe dan pala.

Untuk bisa menikmati permen Jaje Ragi, Anda tak perlu repot karena peremen ini tak hanya di jual di toko oleh-oleh Lombok, tapi dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui e-commerce. Jadi, Bagi Anda yang tinggal di luar Lombok bisa menikmati manis pedasnya permen ini.
Puas! Menikmati Wisata Alam, hingga Kuliner di Desa Bonjeruk, Lombok Tengah


Manfaat mengonsumsi permen Jaje Ragi dipercaya mampu menghangatkan badan, mengurangi nyeri, dan meredakan perut kembung. Untuk permen Jaje Ragi cukup dibanderol dengan harga Rp20.000/kemasan.

Selain itu ada, sate kuncung, yaitu perpaduan belut dan pisang. Warga memanfatkan belut sebagai sumber protein. Perlu diketahui 100 gram belum setara dengan 3-4 butir telur. Belut yang sudah dipotong kecil kecil dicampur dengan pisang biji yang sudah direbus dan ditambah kelapa parut gula aren dan santan kemudian dibungkus daun pisang lalu dipanggang.

“Biasanya pada musim tanam padi muncul banyak belut, berbarengan dengan panen pisang lalu kemudia masyarakat membuat sate kuncung ini yang biasanya juga disajikan pada acara adat,” ucap Usman Ketua Pokdarwis.

Selain itu, Desa Wisata ini juga menawarkan kuliner kopi yang dihasilkan langsung dari para petani di sini. Terdapat 3 jenis kopi khas Desa Wisata Bonjeruk, yaitu kopi sangrai beras, kopi sangarai pasir yang diolah dengan pasir, dan kopi sangarai kayu manis yang juga bisa bermanfaat untuk dijadikan obat. Bagaimana menarik bukan?

Nah sudah tahu dong apa saja yang bisa di nikmati di Desa Wisata Bonjeruk dan akan memberikan pengalaman tak terlupakan mulai dari wisata edukasi, kuliner, hingga alam. Untuk itu yuk temukan inspirasi wisata #diindonesiaaja di www.indonesia.travel yang indah dan memesona.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)