4 Bumbu Dapur Penurun Kolesterol, Bukan Sekadar Penambah Rasa

Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:57 WIB
loading...
4 Bumbu Dapur Penurun Kolesterol, Bukan Sekadar Penambah Rasa
Bumbu dapur penurun kolesterol dapat dimanfaatkan pemilik kolesterol tinggi agar terhindar dari sejumlah penyakit membahayakan. / Foto: ilustrasi/hotlyspiced.com
A A A
JAKARTA - Bumbu dapur penurun kolesterol dapat dimanfaatkan bagi pemilik kolesterol tinggi.

Seperti diketahui, kolesterol yang mendadak tinggi bisa mengakibatkan hipertensi. Hal itu memberikan risiko besar terhadap serangan jantung.

Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr. Erwinanto, Sp. JP(K), FIHA, mengatakan, seseorang menderita hipertensi dan tidak dikontrol akan menjadi kontributor tunggal yang utama untuk penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Baca juga: 4 Jajanan Pasar yang Mengandung Kolesterol, Nomor 3 Favorit Banyak Orang

"Setiap peningkatan darah 20/10 mm Hg akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner 2 kali lebih tinggi," ungkapnya pada konferensi pers Hari Hipertensi Sedunia secara virtual, beberapa waktu lalu.

Guna mengurangi risiko tersebut, terdapat sejumlah bumbu masakan yang bisa mengatasi kadar kolesterol tinggi. Meskipun begitu, melakukan konsultasi ke dokter tetap menjadi anjuran yang utama.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa bumbu masakan yang ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

1. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa yang dapat bermanfaat bagi jantung, serta bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Secara khusus, bawang putih mengandung belerang, seperti allicin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah.

Secara kolektif, faktor-faktor ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian terhadap 12 studi, lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik rata-rata masing-masing 8,3 mm Hg dan 5,5 mm Hg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)