Dikelilingi Pemandangan Laut, Inilah Pesona Desa Wisata Ara Tempat Pengrajin Kapal Pinisi

Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:01 WIB
loading...
Dikelilingi Pemandangan Laut, Inilah Pesona Desa Wisata Ara Tempat Pengrajin Kapal Pinisi
(Foto: dok Tangkapan layar/YouTube iNews)
A A A
BULUKAMBA - Kabupaten Bulukamba, Sulawesi Selatan menyimpan pesona alam yang membuat takjub. Hamparan laut biru serta kekayaan alam bawah lautnya membuat decak kagum para pengunjungnya. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Bira dan menyebrang ke Pulau Kambing untuk diving.

Setelah puas menikmati kekayaan alam bawah laut di Pantai Bira, Anda bisa bermalam di homestay yang terletak di Desa Wisata Ara, Kabupaten Bulukumba. Homestay di Desa Wisata Ara selalu menjaga protokol kesehatan, harga per malamnya pun relatif murah yakni Rp120.000 termasuk coffee morning. Ditambah, adanya fasilitas wifi yang membuat istirahat semakin nyaman dan nyenyak setelah 5 jam perjalanan dan eksplor di Pantai Bira.

Sudah berada di Desa Wisata Ara, rugi jika tidak menjelajahinya. Pasalnya, desa wisata yang dikenal dengan banyaknya pengrajin kapal pinisi ini juga menyimpan pesona alam yang tak kalah menakjubkan.

Berbicara mengenai kapal pinisi, kapal ini merupakan kebanggaan dari Suku Bugis yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14. Kapal yang telah ditetapkan sebagai warisan tak benda dunia dari UNESCO sejak Desember 2017 ini memiliki ciri khas berupa tujuh layar. Di mana ciri khas tersebut merupakan tanda jika pinisi telah menaklukan tujuh samudra.

Dulunya, kapal pinisi digunakan untuk mengangkut barang dan ikan. Namun, seiring berjalannya waktu, kapal Pinisi juga berfungsi sebagai kapal mewah untuk wisatawan. Pembuatan dari kapal pinisi ini bisa menghabiskan waktu hingga 10 bulan.

Di Desa Ara, banyak pengrajin kapal pinisi yang menerima pesanan dari mancanegara. Harganya pun bisa mencapai miliaran rupiah tergantung dari dekorasi dan interior kapalnya.

Jangan salah, Anda juga bisa membawa kapal pinisi sebagai oleh-oleh. Lantaran, di Desa Wisata Ara juga ada pengrajin miniatur kapal pinisi yang dibuat dari limbah pembuatan kapal pinisi. Miniatur kapal pinisi ini dibanderol sekitar Rp700.000. Menarik bukan?

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat pengrajin kapal pinisi tapi tidak berfoto di kapal. Nah, Desa Ara ini memiliki spot foto yang menarik berupa kapal yang berada di Tebing Apparalang, sehingga para wisatawan dapat berfoto juga menikmati keindahan pesona alamnya berupa hamparan laut biru.

Tebing Apparalang memang menjadi salah satu spot wisata di Desa Wisata Ara. Di sini, Anda bisa menemukan aktivitas alam yang menantang adrenalin, di antaranya panjat tebing dan cliff jumping.

Dikelilingi Pemandangan Laut, Inilah Pesona Desa Wisata Ara Tempat Pengrajin Kapal Pinisi

(Foto: dok Tangkapan layar/YouTube iNews)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1105 seconds (10.55#12.26)