5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 21:55 WIB
loading...
5 Kuliner Khas Sulawesi yang Lezat, Nomor 3 Cocok untuk Sarapan
Gogoso, salah satu kuliner khas Sulawesi yang lezat dan cocok untuk sarapan. Foto/Instagram @jxvegan
A A A
SULAWESI - Tak hanya destinasi wisatanya yang menarik, Sulawesi juga punya deretan kuliner lezat dan nikmat. Mulai dari Burasa hingga Bubur Sagela.

Selain Coto Makassar dan Sop Konro yang tentunya sudah tidak asing lagi, Sulawesi juga memiliki kuliner yang layak untuk dicicipi saat Anda berkunjung ke daerah tersebut.

Berikut deretan kuliner khas Sulawesi seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Burasa

Burasa merupakan kuliner khas Makassar, terbuat dari beras da santan dan dibungkus daun pisang. Makanan ini mirip lontong, namun ukurannya relatif lebih kecil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Malam di Bandung, Nomor 4 Rasanya Otentik Banget

Kudapan satu ini punya nama lainnya, yaitu buras dan lapat. Makanan asli masyarakat Bugis, Sulawesi Selatan tersebut memiliki bentuk pipih namun sering disantap bersama dengan coto Makassar maupun opor ayam, khususnya saat lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Cara untuk membuatnya juga cukup mudah, pertama-tama dengan merebus beras yang telah dicampur dengan santan sampai lembek. Lalu bungkus dengan daun pisang, ikat menggunakan tali rafia, lalu direbus hingga matang.

Nantinya akan dibungkus memakai daun pisang yang ditali menggunakan tali rafia yang nantinya bisa langsung direbus sampai matang.

Makanan ini mampu bertahan selama dua hari, sehingga sangat tepat dibawa sebagai bekal makanan saat perjalanan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1428 seconds (11.210#12.26)