Kemenkes Ungkap Perkembangan Vaksin Covid-19 mRNA Buatan Lokal

Kamis, 18 Agustus 2022 - 15:03 WIB
loading...
Kemenkes Ungkap Perkembangan Vaksin Covid-19 mRNA Buatan Lokal
Juru Bicara G20 untuk Bidang Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa benar Indonesia mengembangkan vaksin mRNA sesuai dengan arahan WHO. / Foto: tangkapan layar virtual meeting
A A A
JAKARTA - Publik pada awal tahun ini sempat dibuat kagum lantaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjuk Indonesia sebagai salah satu rumah untuk pengembangan vaksin Covid-19 mRNA.

Kabar tersebut tentunya membanggakan, pasalnya Indonesia akan memiliki vaksin mRNA buatan lokal.

Namun, kini bagaimana kabar terbaru soal ini? Apakah vaksin sudah berhasil dibuat dan siap diedarkan ke masyarakat?

Baca juga: Sudahkah Indonesia Merdeka dari Belenggu Covid-19? Ini Kata Epidemiolog

Juru Bicara G20 untuk Bidang Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa benar Indonesia mengembangkan vaksin mRNA sesuai dengan arahan WHO. Untuk saat ini, proses pengerjaan masih dalam pengembangan.

"Kami masih terus kembangkan. Proses riset dan transfer teknologi pun masih berlangsung, baik di Bio Farma maupun pusat riset lainnya," ungkap Siti Nadia dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/8/2022).

Dengan adanya upaya mengembangkan vaksin mRNA di Indonesia, kata Siti Nadia, ini bisa memperkuat produksi vaksin di dalam negeri yang mana tentunya bisa mempermudah akses Indonesia menjangkau vaksin Covid-19.

"Kami cukup bersyukur sekali bahwa saat pandemi kemarin akses vaksin Covid-19 berjalan lancar. Tapi, kami belum tahu apakah di masa depan aksesnya akan mudah lagi atau tidak," ujar Siti Nadia.



"Makanya, penting untuk satu negara bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri, sehingga tidak ketergantungan pada negara penghasil vaksin," katanya lagi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0944 seconds (10.55#12.26)