Peduli Permasalahan Sampah, Resta Pendopo KM 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:05 WIB
loading...
Peduli Permasalahan Sampah, Resta Pendopo KM 456 Jalankan Program Inovasi Lingkungan
Resta Pendopo KM 456, tempat peristirahatan dan destinasi wisata garapan PT Astari Marga Sarana sebagai salah satu anak perusahaan Astra Property, menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam pengurangan dan pengelolaan sampah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Resta Pendopo KM 456, tempat peristirahatan dan destinasi wisata garapan PT Astari Marga Sarana sebagai salah satu anak perusahaan Astra Property, menghadirkan berbagai inovasi terbaru dalam pengurangan dan pengelolaan sampah.

Di tahun 2022 ini, tim Resta Pendopo KM 456 telah menjalankan beberapa program inovasi lingkungan, antara lain degan menghadirkan bank sampah plastik, pembuatan eco enzyme dan pemanfaatan teknologi digital dalam pemesanan makanan di UMKM.

Dalam melaksanakan program bank sampah plastik, Resta Pendopo KM 456 menyediakan kotak yang disebut rebox, yang berlokasi di UMKM A&B (lantai 2), sebagai tempat mengumpulkan sampah kemasan air minum berbahan plastik dari pengunjung.

Untuk menarik minat pengunjung ikut berpartisipasi dalam program ini, bagi setiap pengunjung yang memasukan satu botol air minum plastik ke rebox maka akan dapat ditukar dengan satu buah masker.



Kemasan air minum berbahan plastik yang terkumpul di Resta nantinya akan disalurkan ke pengepul sampah. Kegiatan ini telah dimulai sejak akhir bulan April sampai sekarang, dengan total 47kg sampah kemasan air minum berbahan plastik yang telak terkumpul.

Sampah plastik hingga saat ini masih menjadi permasalahan yang cukup pelik di Indonesia, Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun.

Berdasarkan Peraturan Presiden/Perpres 97 tahun 2017, Pemerintah Indonesia telah menetapkan target nasional pengurangan sampah sebanyak 30% dan penanganan sampah sebanyak 70% pada tahun 2025 serta pengurangan sampah plastik laut 70% pada tahun 2025.

“Tentu hal ini menjadi perhatian kami juga selaku pengelola Resta Pendopo KM 456. Kami tentu tidak ingin produksi sampah di Resta tidak terkelola dengan baik dan menjadi permasalahan baru. Kita harus mendukung program pemerintah dalam hal penanganan sampah,” kata Daisy Setiawan, Direktur PT Astari Marga Sarana.

Michale Atmoko selaku Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana juga menambahkan, selain menghadirkan bank sampah plastik, Resta Pendopo KM 456 juga melakukan program inovasi pengelolaan sampah yakni pembuatan eco enzyme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)