6 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi Secara Tiba-tiba, Tak hanya dari Makanan

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi akibat stres, cobalah berlatih teknik manajemen stres seperti olahraga, meditasi, dan latihan pernapasan.

3. Merokok

Merokok adalah kemungkinan penyebab lonjakan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan nikotin, bahan utama dalam produk tembakau seperti rokok. Selama merokok, nikotin dalam jumlah tinggi memasuki aliran darah melalui paru-paru. Hal ini menyebabkan tubuh melepaskan neurotransmitter yang disebut katekolamin.

Peningkatan katekolamin meningkatkan lipolisis, atau pemecahan lipid, yang meningkatkan produksi kolesterol jahat. Kenaikan kolesterol jahat juga mengurangi kadar kolesterol baik. Cara terbaik untuk mengurangi risiko kolesterol tinggi akibat rokok adalah dengan menghindari atau berhenti merokok.


4. Obat-obatan

Beberapa obat memiliki efek peningkatan kolesterol pada tubuh. Ini termasuk obat resep seperti obat antihipertensi, beta-blocker, danazol, retinoid, antipsikotik, antikonvulsan, imunosupresan, obat antivirus dan interferon. Secara umum, obat-obatan ini meningkatkan kadar kolesterol darah dengan mengubah metabolisme lipid.

Obat-obatan tertentu, seperti antipsikotik, juga dapat meningkatkan kolesterol dengan meningkatkan berat badan. Untuk mencegah peningkatan kolesterol akibat obat, bicarakan dengan dokter. Mereka dapat menentukan risiko dan, jika perlu, mengubah obat atau dosis Anda.

5. Kehamilan

Selama kehamilan, wajar jika kolesterol meningkat 30 persen hingga 40 persen . Itu karena kolesterol sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Kadar kolesterol tinggi selama kehamilan terkait dengan peningkatan kadar estrogen dan progesteron, laktogen plasenta dan resistensi insulin.

Namun, kolesterol mungkin meningkat terlalu banyak selama kehamilan. Kondisi ini disebut hiperkolesterolemia gestasional atau hiperkolesterolemia ibu. Seorang dokter dapat membantu mengelola kondisi tersebut dengan menyarankan perubahan pola makan dan meresepkan obat penurun lipid.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)