Heboh Kisah 2 Jasad Bayi Disimpan di Kulkas, Apa Hubungannya dengan Denial of Pregnancy?

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 08:58 WIB
loading...
Heboh Kisah 2 Jasad Bayi Disimpan di Kulkas, Apa Hubungannya dengan Denial of Pregnancy?
Jagat Twitter dihebohkan dengan kisah soal penemuan dua jasad bayi di dalam kulkas rumah seorang ekspatriat asal Prancis di Korea Selatan. / Foto: Twitter @apriseuldiyana
A A A
JAKARTA - Jagat Twitter dihebohkan dengan kisah soal penemuan dua jasad bayi di dalam kulkas rumah seorang ekspatriat asal Prancis di Korea Selatan bernama Jean Louis Courjult.

Sorotan yang cukup menarik perhatian adalah istilah 'denial of pregnancy'. Ya, istri dari ekspatriat tersebut, Veronique Fievre Courjult diketahui mengalami kondisi mental yang disebut dengan 'denial of pregnancy'. Itu kenapa dia tidak merasa hamil, dan tega menghabisi kedua bayinya sendiri.

"Mereka (kedua bayinya) bukanlah seorang anak, melainkan bagian dari diri saya yang telah saya bunuh," ungkap Veronique di persidangan dari penuturan pengunggah kisah di akun Twitter @apriseuldiyana.

Baca juga: Rizky Billar Pamerkan Momen Romantis pada Anniversary Pertama Pernikahan

Makna dari pernyataan Veronique adalah dia merasa bayi yang dilahirkannya itu hanyalah bagian dari tubuhnya yang hilang. "Layaknya tangan atau kaki yang hilang, bukan anaknya," terang penutur cerita.

Perlu Anda tahu juga bahwa Veronique pernah melakukan tindak kriminal sebelumnya bahwa dirinya dengan sadar membuang bayi yang baru dilahirkan ke perapian dan membakarnya hidup-hidup. Kejadian ini dia lakukan pada 1999 di Prancis.

Dari serangkaian kejadian tersebut, tim profesional yang menangani kasus ini menyebut Veronique memiliki kondisi mental yang dinamakan 'denial of pregnancy', yang mana itu bisa terjadi ketika seseorang tidak memiliki keinginan untuk hamil, dia mungkin tahu atau tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil.

Laman kesehatanMedical Life Sciences menjelaskan apa penyebab seorang perempuan bisa mengalami 'denial of pregnancy'. Adalah akibat kegagalan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi kehamilan.

"Ini termasuk kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan tuntutan fisik, perubahan bentuk tubuh, mempersiapkan kelahiran dan perawatan bayi, dan mengembangkan katan awal dengan janin," sebut laporan kesehatan yang ditulis dr. Liji Thomas, MD, dikutip Sabtu (20/8/2022).

Semua itu, kata dr. Liji, dapat mengakibatkan ketakutan dan keraguan yang luar biasa tentang kemampuan diri sendiri untuk berhasil memiliki dan merawat bayi, dan dalam kebanyakan kasus yang parah, menyebabkan pasien menyangkal bahwa dirinya hamil.

Lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal berikut ini merupakan risiko seseorang bisa mengalami kondisi 'denial of pregnancy', seperti:

1. Usia muda saat hamil.

2. Kehamilan pertama.

3. Dukungan sosial yang rendah.

4. Riwayat penyalahgunaan zat terlarang atau gangguan mental.

Menariknya pada kasus Veronique ini, berdasar data investigator di Korea Selatan, dari 10.000 file foto keluarga Jean selama di Korea, tidak ada satupun foto yang menunjukkan kalau Veronique hamil.

Heboh Kisah 2 Jasad Bayi Disimpan di Kulkas, Apa Hubungannya dengan Denial of Pregnancy?

(Foto: Twitter @apriseuldiyana)

Bahkan, diterangkan si penutur cerita, seorang tetangga dekat keluarga Jean mengaku bahwa Veronique sempat mengenakan bikini saat kehamilannya berumur 7 bulan.

Di 'thread' Twitter-nya, Apri si netizen, memperlihatkan dua foto yang menggambarkan bagaimana kondisi 'denial of pregnancy' benar adanya. Perut si ibu tidak membesar layaknya ibu hamil lain.

Tahu tidak kalau itu bisa terjadi karena kekuatan pikiran?

"Yang bikin lebih sedih lagi adalah bayi di dalam perut bisa merasakan penolakan dari sang ibu, sehingga bayi berusaha bersembunyi agar dirinya tidak terlihat. Bahkan enggan bergerak. That is how powerful your mind is," tulis si netizen.

Akibat perbuatannya, Veronique dijatuhi hukuman 8 tahun penjara. Ia diketahui beberapa kali mendapat remisi dan keringanan hukuman, sehingga Veronique bebas lebih cepat pada 2010. Ia mengaku pada polisi atas semua kejadiannya pada 12 Oktober 2007.

Baca juga: Dekat dengan Nathalie Holscher, Frans Faisal Bingung Soal Marissya Icha

Sang suami, Jean dinyatakan tidak bersalah karena sama sekali tidak mengetahui bahwa istrinya hamil.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)