Kemenkes Temukan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:22 WIB
loading...
Kemenkes Temukan Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia
Kementerian Kesehatan melaporkan kasus cacar monyet pertama di Indonesia. / Foto: ilustrasi/UCLA
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan melaporkan kasus cacar monyet pertama di Indonesia. Kabar ini tentu bukan sesuatu yang baik, sekalipun virus monkeypox bisa dicegah penyebarannya di masyarakat.

Informasi ditemukannya kasus pertama cacar monyet di Indonesia dilaporkan tim Kementerian Kesehatan melalui undangan yang diterima MNC Portal, Sabtu (20/8/2022).

Undangan tersebut berjudul Penemuan Pasien Pertama Terkonfirmasi Monkeypox di Indonesia. Dari undangan tersebut, diketahui bahwa Kemenkes akan memberikan informasi lengkap soal pasien tersebut sore hari ini, Sabtu (20/8/2022).

Baca juga: Menyerang Balita di India, Begini Sejumlah Gejala Utama Flu Tomat

Belum ada bocoran yang didapat terkait pasien monkeypox pertama di Indonesia tersebut. Data soal di mana penemuan kasus konfirmasi pun belum diketahui.

Namun yang pasti Kemenkes akan menyampaikan kabar soal pasien pertama cacar monyet di Indonesia ini Sabtu sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

Seperti yang dikatakan epidemiolog Universitas Indonesia, dr. Retno Asti jika sudah ditemukan satu kasus konfirmasi cacar monyet, maka kawasan tempat si pasien tinggal otomatis jadi wilayah KLB atau kejadian luar biasa.

Baca juga: Serang 82 Balita, Penyakit Flu Tomat Menghantui India

"Satu saja dikonfirmasi cacar monyet di daerah tertentu, wilayah itu langsung ditetapkan kawasan KLB atau kejadian luar biasa," ungkap dr. Asti di Webinar Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, beberapa hari yang lalu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)