Hidup Lebih Bahagia dan Cukup dengan Menerapkan Konsep Ikigai ala Jepang

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 20:30 WIB
loading...
Hidup Lebih Bahagia dan Cukup dengan Menerapkan Konsep Ikigai ala Jepang
Ikigai ala masyarakat Jepang dipercaya bisa membantu hidup lebih bahagia dan merasa cukup. Ikigai istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan. Foto/tangkapan layar Podcast Aksi Nyata
A A A
JAKARTA - Ikigai ala masyarakat Jepang dipercaya bisa membantu hidup lebih bahagia dan merasa cukup. Ikigai merupakan istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan.

Sederhananya, ikigai merupakan nilai hidup. Konsep ikigai dari Jepang ini turut dibahas dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo #DariKamuUntuklndonesia. Podcast kali ini menghadirkan sosok Nita Widuri Safitri, seorang konsultan marcomm and branding independent.

Nita sendiri sudah menerapkan ikigai di hidupnya. Dia menceritakan dampak positif setelah menerapkan konsep ikigai.

“Saya sedang merasa cukup di banyak hal,” kata Nita dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (20/8/2022).


Bagi Nita, merasa cukup adalah hal yang bisa membuat bahagia dalam menjalani kehidupan. Untuk mencapai titik cukup, Nita mengungkap, itu tidak lepas dari rasa bersyukur.

“Sangat indah ketika kita hidup di dunia ini, kalau hidup kita akhirnya bisa ada di garis cukup,” jelas Nita.

“Salah satu hal yang perlu kita kejar sampai di kondisi cukup adalah bersyukur, dan mencintai apa yang sudah kita punya sampai hari ini,” sambungnya.

Rasa syukur dan konsep ikigai sangat berkorelasi. Cara sederhana untuk bersyukur adalah menyadari hal-hal kecil yang dirasakan.


“Hal yang paling simpel untuk kita syukuri, yang paling dekat saja dulu, kita hadapi sekarang. Apa yang kita punya, hal kecil yang kita dapatkan, yang bahkan kita enggak minta sama semesta tapi dikasih, itu disyukuri,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)