Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Penjelasan Kemenkes

Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:42 WIB
loading...
Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Penjelasan Kemenkes
Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, menimbulkan banyak pertanyaan kapan pandemi ini berakhir? Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia , menimbulkan banyak pertanyaan kapan pandemi ini berakhir? Mendengar hal tersebut, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maxi Rein Rondonuwu mengatakan tergantung dari situasi di Indonesia.

Di mana Covid-19 telah menghadirkan berbagai subvarian, seperti BA.4 dan BA.5 dan lainnya. Maka penentuan usai tidaknya Covid-19 dari peningkatan kasus di negara itu.

"Januari tahun depan? Ya semoga, sangat tergantung daripada peningkatan kasus dengan adanya sub varian baru jadi Indonesia bisa bebas bisa," kata Maxi kepada wartawan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Namun peningkatan kasus Covid-19, juga dilihat dari perkembangan di negara lain juga. Sehingga bisa mempengaruhi perkembangan kasus Covid-19 di negara lain, seperti Indonesia.



"Tapi kan negara lain kalau ada negara yang masih tinggi, kecenderungan ada varian-varian baru kita sulit," sambung dia.

Kendati demikian, status pandemi Covid-19 berakhir atau berpindah menjadi endemi bakal ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sementara Indonesia, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan saat ini Indonesia sedang masuk transisi menuju endemi.

"Yang saya tahu Pak Menteri menyampaikan kita sudah menyiapkan transisi, transisi ke endemi. Kalau level 1 terus itu sudah 6 bulan berturut-turut, tapi kita kan naik lagi kasus," jelas Maxi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)