Dengan Cara Ini Flu dan Batuk Membandel Bisa Hilang

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 14:20 WIB
loading...
Dengan Cara Ini Flu dan Batuk Membandel Bisa Hilang
Foto: Doc. Sindonews
A A A
Di tengah cuaca yang kian tak menentu apalagi pandemi Covid-19 belum benar-benar usai, banyak orang terjangkit flu dan batuk. Kedua gejala penyakit ini biasanya juga menjadi respons alami yang sering terjadi saat peralihan musim atau pancaroba. Kondisi ini pasti sangat tidak nyaman. Selain sulit tidur biasanya badan juga merasa meriang.

Meski sebagian dapat sembuh dengan sendirinya, namun jangan juga dianggap remeh ya. Karena jika tidak disikapi dengan tepat, flu dan batuk ini bisa mengganggu aktivitas. Bahkan terkadang, bagi sebagian orang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti penurunan nafsu makan, lemas, sakit kepala, insomnia, hingga luka pada tenggorokan. Apalagi untuk anak-anak, batuk pasti membuatnya tidak nyaman.

Nah, berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi flu dan batuk. Pertama, istirahat yang cukup dan minum banyak. Batuk dan pilek biasanya menyebabkan lendir atau ingus berlebihan yang menumpuk di belakang tenggorokan. Dengan memperbanyak minum, tubuhmu akan terhidrasi dengan baik dan selaput lendir akan tetap lembab. Adapun, cara ampuh untuk meredakan tenggorokan dengan minum teh hangat yang telah dicampur madu.

Kedua, berkumur dengan air garam secara rutin untuk membersihkan dan mengeluarkan dahak secara alami. Ketiga, sebelum memilih pengobatan kimia, tak ada salahnya jika mencoba ramuan obat batuk alami misalnya minum campuran air jeruk lemon dengan madu. Kamu juga bisa menggunakan jahe yang dibakar lalu digeprek dan diseduh air panas lalu minum. Keempat, mandi atau berendam air hangat. Mandi dengan air hangat, tubuhmu akan rileks dan setelahnya bisa istirahat dengan nyaman.

Kelima kurangi aktivitas di luar. Agar tubuhmu segera recovery, istirahatkan sejenak tubuhmu. Itu akan mengembalikan stamina yang turun karena sakit. Hal itu juga mencegahmu untuk bertemu dengan banyak orang yang bisa jadi menularkan penyakit.

Keenam, hindari mengkonsumsi alkohol dan rokok. Karena mengonsumsi alkohol dan rokok hanya akan memperparah kondisimu. Itu karena sistem imun akan memburuk seiring dengan banyaknya kamu mengonsumsi alkohol dan rokok. Sebaiknya, hindari agar kamu bisa lekas sembuh.

Ketujuh banyak makan yang bergizi. Saat sakit tubuhmu butuh asupan nutrisi yang cukup, apalagi kalau lagi sakit. Dengan makan makanan bergizi, tubuhmu akan lebih mudah untuk pulih.

Kedelapan, menjaga kebersihan ruangan dari debu dan kotoran, termasuk yang menempel pada kipas angin atau AC. Jaga juga kebersihan barang yang sering kamu sentuh, misalnya ponsel. Terakhir rutin mencuci tangan, terutama setelah batuk dan juga sebelum dan sesudah makan, ke WC, atau merawat orang sakit.

Namun jika langkah-langkah di atas flu dan batuk belum reda, cobalah untuk mengkonsumsi obat kimia. Namun untuk memilih obat flu dan batuk harus memperhatikan sejumlah hal ya. Salah satunya, kamu harus memperhatikan apa efek samping obat flu dan batuk yang kamu konsumsi. Efek samping yang paling sering adalah mengantuk. Nah jika kamu ada dalam perjalanan, jangan pilih obat yang berefek samping mengantuk, berbahaya.

Jika mengalami batuk berdahak, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi obat flu dan batuk berdahak dengan kandungan bromhexine HCl dan guaifenesin. Kedua obat tersebut bekerja mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Perhatikan selalu kemasan obat sebelum mengkonsumsinya, ya! Jangan memilih obat dengan kandungan alkohol atau pemanis buatan.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan aturan pakai. Apalagi untuk anak-anak, kamu harus betul-betul memperhatikan aturan pakai obat batuk dan flu anak . Minumlah obat sesuai dengan dosis dan anjuran dokter dan yang tertera pada kemasan obat. Jika kamu dianjurkan untuk mengonsumsi obat sebanyak 3 kali dalam sehari dan terlewat selama 1–2 jam, segera konsumsi obat saat itu juga. Namun, jika kamu terlupa dan waktu konsumsi sudah berdekatan dengan waktu konsumsi obat selanjutnya, abaikan saja. Jangan sekali-kali menggandakan dosisnya, karena justru akan membahayakan kesehatanmu.

Untuk obat batuk dan flu, kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia. Tanpa harus repot keluar rumah, kamu bisa mendapatkan obat batuk yang kamu inginkan dengan mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa dapatkan promo dan diskon yang menarik.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)