Minat Investasi Properti Naik, Rumah Tapak dan Apartemen Jadi Primadona

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 22:50 WIB
loading...
Minat Investasi Properti Naik, Rumah Tapak dan Apartemen Jadi Primadona
Faktor lokasi dan fasilitas masih jadi prioritas utama masyarakat saat membeli properti. / Foto: tangkapan layar Zoom
A A A
JAKARTA - Kebijakan ekonomi pemerintah dan penyesuaian strategi pasar para pebisnis properti membuat perubahan di industri properti selama semester pertama 2022.

Pola perilaku konsumen yang bermigrasi masif ke media digital jadi momentum yang turut diperhitungkan. Perilaku tersebut mendorong naiknya minat investasi properti di kalangan masyarakat.

Masa pemulihan bisnis properti terjadi sepanjang semester I/2022. Selama periode Januari-Juni 2022, data 99 Group mencatat fluktuasi minat kepemilikan properti yang terus membaik. Tercatat lokasi populer seperti Jakarta Selatan masih jadi incaran konsumen, dengan Tangerang dan Bandung sebagai area paling diminati di luar DKI Jakarta.

Baca juga: Indonesia Akan Gunakan Vaksin Covid-19 Merek Apa untuk Anak di Bawah 6 Tahun?

Beranjak ke tipe dan harga properti yang diminati juga menunjukkan tren menarik selama dua kuartal 2022 hingga Juli lalu.

"Meskipun rumah tapak masih jadi primadona pilihan masyarakat saat membeli properti, apartemen juga mulai menunjukan kenaikan tren pertumbuhan positif," ungkap VP of Finance - Strategy and IR Role 99 Group Indonesia, Timothy Alamsyah dalam acara Envolving Property Market Landscape yang berlangsung virtual, Jumat (26/8/2022).

"Tipe properti ini bahkan mengalami kenaikan peminat yang sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya. Kita juga melihat adanya potensi baru dari kenaikan permintaan tanah atau lahan yang semakin banyak dicari konsumen," jelasnya.

Demografi pasar pencari properti turut memperlihatkan perubahan yang menarik. Sebagai daerah pusat ekonomi strategis, kawasan Jabodetabek masih keluar sebagai pilihan utama para pencari properti yang mencari rumah impian. Ini berdasarkan indeks 99 Group yang ditarik dari Rumah123.com.

Berdasarkan statistik 99 Group pada semester I/2022, sebanyak 62% pengguna Rumah123.com mencari properti di kawasan Jabodetabek, dengan 31% di antaranya fokus di area Jakarta.

Dari segi harga, properti dengan yang dipasarkan di bawah Rp400 juta-1 miliar masih menjadi yang paling diminati lebih dari 40% konsumen saat ini. Tren unik juga terjadi untuk properti di kisaran harga Rp1-5 miliar yang mengalami pertumbuhan porsi minat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)