Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul saat Malam Hari, Bisa Ganggu Tidur

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:00 WIB
loading...
Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul saat Malam Hari, Bisa Ganggu Tidur
Tanda kolesterol tinggi yang muncul saat malam hari penting untuk diketahui. Tanda ini bisa mengganggu tidur di malam hari dan dapat menyebabkan stroke. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tanda kolesterol tinggi yang muncul saat malam hari penting untuk diketahui. Pasalnya, tanda ini bisa mengganggu tidur Anda di malam hari dan dapat menyebabkan stroke hingga penyakit jantung tanpa peringatan.

Dilansir dari Express, Sabtu (27/8/2022) namun, gejala bisa muncul jika timbunan kolesterol menumpuk di arteri. Ketika penumpukan timbunan kolesterol menyempitkan arteri, hal itu dapat menyebabkan banyak gejala.

Kondisi ini bisa mengurangi aliran darah ke lengan atau kaki dan biasa disebut penyakit arteri perifer (PAD). Banyak orang dengan PAD memiliki gejala ringan atau tanpa gejala.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami nyeri otot atau kram di kaki dan lengan. Jika penyakit arteri perifer memburuk, rasa sakit dapat terjadi saat istirahat atau saat berbaring. Bahkan, rasa sakit dapat mengganggu tidur.



Menggantungkan kaki di tepi tempat tidur atau berjalan dapat mengurangi rasa sakit untuk sementara. Adapun tanda kolesterol tinggi lainnya termasuk rasa dingin pada tungkai atau kaki bagian bawah, terutama jika dibandingkan dengan sisi lainnya.

Mati rasa atau kelemahan kaki, tidak ada denyut nadi atau nadi lemah di tungkai atau kaki, kram yang menyakitkan pada salah satu atau kedua otot pinggul, paha, atau betis setelah aktivitas tertentu, seperti berjalan atau menaiki tangga, kulit mengkilap di kaki.

Perubahan warna kulit pada kaki, pertumbuhan kuku kaki lebih lambat, luka di jari kaki, kaki atau tungkai yang tidak kunjung sembuh, nyeri saat menggunakan lengan, seperti sakit dan kram saat merajut, menulis atau melakukan tugas manual lainnya, disfungsi ereksi, rambut rontok atau pertumbuhan rambut lebih lambat di kaki.

Para ahli merekomendasikan menemui dokter umum jika mengalami nyeri kaki berulang saat berolahraga. Banyak orang secara keliru mengira kondisi ini hanya bagian dari bertambahnya usia, tetapi tidak ada alasan mengapa orang yang sehat harus mengalami sakit kaki.



PAD biasanya didiagnosa melalui pemeriksaan fisik oleh dokter umum, dan dengan membandingkan tekanan darah di lengan dan pergelangan kaki. Sementara itu, kunci untuk mencegah komplikasi kolesterol adalah dengan merombak gaya hidup, yaitu melalui diet dan olahraga.

Ada beberapa makanan yang tidak hanya merupakan bagian dari diet sehat, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol secara aktif. Menurut Kolesterol Heart UK, mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh adalah cara tepat untuk menurunkan kolesterol.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)