5 Makanan Berserat Tinggi Penurun Kolesterol, Nomor Terakhir Ampuh Kendalikan Kadarnya

Minggu, 28 Agustus 2022 - 16:16 WIB
loading...
5 Makanan Berserat Tinggi Penurun Kolesterol, Nomor Terakhir Ampuh Kendalikan Kadarnya
Makanan berserat tinggi penurun kolesterol banyak jenisnya. Namun hanya beberapa saja yang dianggap ampuh, mulai dari sayuran hijau sampai buah pisang. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Makanan berserat tinggi penurun kolesterol banyak jenisnya. Namun hanya beberapa saja yang dianggap ampuh, mulai dari sayuran hijau sampai buah pisang.

Penyakit kolestrol masih menjadi ancaman serius untuk kesehatan. Pasalnya, kolestrol bisa memicu penyakit serius lainnya, salah satunya serangan jantung.

Gaya hidup tak sehat menjadi salah satu pemicu seseorang mudah terserang penyakit kolestrol. Mulai dari pola makan yang tak sehat, hingga kurangnya asupan serat.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi serat untuk mengatasi penyakit kolestrol. Pasalnya, serat cukup membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.



Serat akan mengikat lemak dan kolesterol di usus kecil sehingga akan mudah dikeluarkan dan tidak terserap ke dalam aliran darah. Selain itu, serat juga mengurangi jumlah garam empedu yang diserap kembali dari usus. Tubuh perlu membuat garam empedu lebih banyak dan menggunakan kolesterol untuk melakukan ini.

Terakhir, serat memperlambat pencernaan, sehingga mencegah gula darah naik setelah makan. Gula darah tinggi juga dapat menyebabkan lebih banyak trigliserida terbentuk, yang bisa mengakibatkan lebih banyak kolesterol.

Nah, berikut beberapa jenis makanan tinggi serat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit kolestrol, dikutip dari berbagai sumber, Minggu, (28/8/2022).

1. Sayuran hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan brokoli bisa Anda konsumsi karena terbukti membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)