Studi Baru: Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:12 WIB
loading...
Studi Baru: Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2
Jalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga berat badan, meningkatkan suasana hati, dan mengontrol tekanan darah. Bahkan peneltian terbaru jalan kaki dua menit bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Jalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga berat badan, meningkatkan suasana hati, dan mengontrol tekanan darah. Bahkan, dalam penelitian terbaru menemukan jalan kaki dua menit dapat menurunkan gula darah dan risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sports Medicine, meneliti dampak duduk dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan berjalan dengan intensitas ringan atau berdiri pada penanda kesehatan kardiometabolik.

Peserta studi ditempatkan dalam kelompok berjalan atau berdiri dan diinstruksikan untuk berjalan atau berdiri selama dua hingga lima menit setiap 20 hingga 30 menit selama satu hari. Dua dari tujuh studi termasuk peserta dengan dan tanpa diabetes. Lima sisanya termasuk peserta tanpa riwayat diabetes. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa beberapa menit berjalan lambat ini sudah cukup untuk membuat penurunan kadar gula darah.

“Penelitian telah dengan jelas menunjukkan bahwa olahraga ringan, termasuk hanya berjalan kaki, setelah makan dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan,” kata Dr. Nick West, MD, kepala petugas medis dan wakil presiden divisi urusan medis global di Abbott, dikutip dari Prevention, Minggu (28/8/2022).



Secara khusus, berjalan dalam waktu 60 hingga 90 menit setelah makan (ketika kadar gula darah mencapai puncaknya) dikaitkan dengan perubahan kadar gula darah yang lebih bertahap dibandingkan dengan duduk atau berdiri. Ini penting bagi mereka yang memiliki prediabetes atau jenis diabetes lain yang ingin menghindari perubahan gula darah yang dramatis.

Peneliti juga mengukur kesehatan jantung melalui tekanan darah sistolik, gula darah post prandial, dan insulin. Hasilnya, studi ini tidak menemukan pengaruh signifikan pada insulin atau tekanan darah. Penelitian justru menemukan bahwa berdiri dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meski tidak pada tingkat yang sama dengan berjalan.

Dr. Nick West menambahkan, berjalan setelah makan dapat mengatasi kembung serta memperbaiki jam tidur di malam hari. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki 10 menit, suasana hati Anda juga bisa meningkat. Jadi, Dr. Nick West sangat merekomendasikan jalan-jalan setelah makan ke dalam rutinitas sehari-hari.

Jalan kaki adalah olahraga gratis, mudah, dan melakukannya dapat disesuaikan dengan jadwal rutin Anda. Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu untuk melakukan olahraga ini.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)