Sayuran Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Murah dan Mudah Didapat

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:10 WIB
loading...
Sayuran Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Murah dan Mudah Didapat
Sayuran penurun kolesterol dan gula darah bisa didapat dengan mudah. Dengan harga yang murah, sayuran ini bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sayuran penurun kolesterol dan gula darah bisa didapat dengan mudah. Dengan harga yang murah, sayuran ini terbukti ampuh bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang melonjak hingga 50 persen.

Berdasarkan penelitian terbaru, ekstrak umbi bawang bombay, allium cepa, dapat menurunkan gula darah tinggi dan kadar kolesterol total pada tikus diabetes ketika diberikan dengan obat antidiabetes metformin.

"Bawang murah dan tersedia dan telah digunakan sebagai suplemen nutrisi," kata ketua peneliti Anthony Ojieh, MBBS (MD), MSc, dari Delta State University di Abraka, Nigeria dilansir dari Express, Rabu (31/8/2022).

"Ini memiliki potensi untuk digunakan dalam mengobati pasien dengan diabetes," sambungnya.

Baca Juga: 3 Makanan Kolesterol Tinggi yang Boleh Dikonsumsi, Aman dan Menyehatkan

Untuk tiga kelompok tikus dengan diabetes yang diinduksi secara medis, Ojieh dan rekan-rekannya memberikan metformin dan berbagai dosis ekstrak bawang bombay. Di antaranya 200, 400 dan 600 miligram per kilogram berat badan setiap hari untuk melihat apakah akan meningkatkan efek obat tersebut.

Allium cepa juga dilaporkan menurunkan kadar kolesterol total pada tikus diabetes. Ekstrak bawang bombay menyebabkan peningkatan berat badan rata-rata di antara tikus non diabetes tetapi tidak pada tikus diabetes.

"Bawang tidak tinggi kalori. Namun, tampaknya meningkatkan tingkat metabolisme dan, meningkatkan nafsu makan, yang mengarah pada peningkatan makan," jelas Ojieh.

Ekstrak bawang bombay yang digunakan dalam percobaan adalah bawang bombay yang tersedia di pasar. Jika ini diberikan kepada manusia, biasanya akan dimurnikan sehingga hanya bahan aktif yang akan diukur untuk dosis yang memadai.

Baca Juga: Herbal Penurun Kolesterol dan Pencegah Penyakit Jantung, Terbukti Ampuh
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1858 seconds (11.97#12.26)