Tips Perkuat Pernikahan dan Menghindari Perceraian Menurut Ahli

Rabu, 01 Juli 2020 - 18:38 WIB
loading...
Tips Perkuat Pernikahan dan Menghindari Perceraian Menurut Ahli
Dibutuhkan upaya untuk melindungi, memelihara, dan menumbuhkan pernikahan. Foto Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Laudya Cynthia Bella mengaku, sudah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan rumah tangganya dengan Engku Emran. Pasangan yang menikah pada 8 September 2017 itu juga telah melalui berbagai proses, namun kini baik Bella maupun Emran memilih untuk berpisah secara baik-baik.

"Sudah berbagai upaya kami lakukan dan ini adalah takdir Allah SWT. Rumah tangga kami hanya sampai di sini. Sudah segala proses kami juga lalui dan saat ini semuanya telah selesai," kata Bella seperti dikutip dari laman Insertlive.

Kabar perceraian Bella dengan pria asal Malaysia itu diungkapkan artis asal Bandung tersebut melalui sebuah video berdurasi singkat. Pernyataan ini menjawab isu keretakan rumah tangga Bella dan Emran setelah keduanya diketahui tidak lagi memajang foto bersama di media sosial Instagram. ( )

"Berkait tentang pemberitaan rumah tangga saya, saya ingin menjelaskan bahwa kami berdua sudah sama-sama sepakat untuk berpisah secara baik-baik," ujar Bella.

Terkait kasus perceraian Bella dan Emran, psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta, M.Psi memberikan tips untuk memperkuat pernikahan sekaligus menghindari perceraian. Dibutuhkan upaya untuk melindungi, memelihara, dan menumbuhkan pernikahan. Lantaran disibukkan dengan jadwal kerja, anak-anak, dan kewajiban lain, terkadang tampak tidak mungkin untuk mempertahankan hubungan itu.

Ketika masalah muncul, beberapa pasangan merasa lebih sehat untuk bercerai dan berpisah. Bagi yang lain, perceraian adalah pilihan yang lebih baik. Jika Anda ingin tetap bersama pasangan dan menghindari perceraian, ada langkah-langkah proaktif yang dapat Anda ambil. Di antaranya meningkatkan komunikasi hingga menanamkan lebih banyak romansa dalam kehidupan sehari-hari.

"Komunikasi harus terbuka dan belajar teknik komunikasi yang tepat untuk membina hubungan. Terapkan bahasa kasih bersama dengan pasangan agar selalu harmonis. Buang ego masing-masing untuk pernikahan yang sejahtera," saran Samanta saat dihubungi SINDOnews, Rabu (1/7).

Cara lain untuk menjaga agar api cinta tetap menyala dalam pernikahan adalah dengan terus merayu pasangan Anda. Cobalah menyediakan waktu untuk kencan malam tiap minggu, bahkan tak masalah bila itu hanya untuk membeli es krim atau memasak resep baru bersama. Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar mal atau pergi ke taman bersama pasangan.

"Selalu mengembangkan diri bersama pasangan terkait isu-isu dalam pernikahan. Lakukan rutinitas couple time berdua seperti saat pacaran tanpa diganggu kehadiran anak. Pahami kebutuhan diri dan pasangan demi langgengnya pernikahan. Lakukan pillow talk secara rutin dan berkala," sambungnya.

Di zaman smartphone dan gaya hidup bekerja dari rumah, mudah untuk memengaruhi hubungan. Anda mungkin menemukan bahwa Anda sering pergi berhari-hari tanpa melakukan percakapan nyata dengan pasangan. Berkomunikasi secara terbuka tentang kehidupan, minat, impian, frustrasi, dan perasaan adalah cara penting untuk menumbuhkan keintiman dalam suatu hubungan.

Penting juga bagi Anda untuk mendengarkan pasangan menyuarakan pemikiran mereka. Akan bermanfaat jika Anda menyisihkan 30 menit setiap hari untuk bebas dari gangguan aktivitas berbicara. Memahami, menghargai, dan beradaptasi dengan perubahan pasangan sangat penting untuk hubungan apapun. ( )

Mulailah dengan membuat daftar kualitas terbaik pasangan Anda untuk mengingatkan diri tentang orang hebat yang Anda nikahi. Latihan ini akan membantu Anda mengingat mengapa Anda jatuh cinta pada pasangan. Hal itu juga membantu untuk menyuarakan betapa Anda menghargai kebiasaan dan eksentrik pasangan Anda. Biarkan pasangan Anda tahu melalui pujian atau ucapan terima kasih bahwa Anda menghargai semua yang dia lakukan setiap hari.

"Sepakat bersama, bagaimana membina komunikasi yang rutin dalam pernikahan. Bagaimana aktivitas seksual juga perlu dibicarakan dan diupayakan bersama. Selalu respect pada masing-masing pasangan merupakan kunci kesuksesan pernikahan," pungkas Samanta.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7982 seconds (0.1#10.140)