Cara Mengetahui Diabetes, Deteksi 10 Gejala Awal Sejak Dini

Kamis, 01 September 2022 - 11:50 WIB
loading...
Cara Mengetahui Diabetes, Deteksi 10 Gejala Awal Sejak Dini
Penyakit diabetes yang juga dikenal sebagai kencing manis bisa dicegah sejak dini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan diabetes adalah penyakit tidak menular (PTM). Foto/Ilustrasi/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Penyakit diabetes yang juga dikenal sebagai kencing manis bisa dicegah sejak dini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan diabetes adalah penyakit tidak menular (PTM).

Secara umum banyak orang memahami dirinya diabetes, setelah kondisi sudah parah. Apabila tidak dikontrol dan diobati segera bisa memicu komplikasi, berikut penyakit yang bisa timbul, akibat diabetes:

* Penyakit Jantung
* Stroke
* Kebutaan
* Gagal ginjal
* Mengancam nyawa

"Jika tidak diobati atau tidak terkontrol, diabetes dapat menyebabkan masalah serius diantaranya dapat memicu penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, bahkan mengancam nyawa," keterangan dikutip dari Instagram resmi Kemenkes, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Benarkah Mentimun Bisa Kontrol Diabetes?

Lebih lanjut, disampaikan bahwa tubuh manusia secara aktif memproduksi hormon alami, melalui pankreas disebut insulin. Hormon insulin berfungsi untuk memecah gula dalam makanan yang dikonsumsi tubuh.

Maka penurunan produksi atau pemanfaatan insulin itu menyebabkan diabetes. Dengan begitu perlu diketahui gejala sebagai langkah pencegahan.

Gejala utama dari diabetes yaitu poliuri atau sering buang air kecil, polifagla (cepat lapar) dan polidipsi (cepat haus). Sementara gejala tambahannya antara lain;

1. Penurunan berat badan (BB) tanpa sebab.
2. Alami kesemutan
3. Luka sulit sembuh
4. Gatal diare kewanitaan
5. Penglihatan kabur
6. Keputihan pada wanita
7. Cepat lelah
8. Muncul bisul yang hilang timbul
9. Mudah Mengantuk
10. Impotensi pada pria

"Semakin cepat di tangani semakin besar pula penderita diabetes terhindar dari komplikasi serius pada organ tubuh lainnya seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, gangguan ginjal dan gangguan pada saraf terutama bagian kaki," jelas Kemenkes.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1301 seconds (11.210#12.26)