7 Provinsi dengan Janda Terbanyak di Indonesia yang Diakibatkan oleh Perceraian

Kamis, 01 September 2022 - 22:22 WIB
loading...
7 Provinsi dengan Janda Terbanyak di Indonesia yang Diakibatkan oleh Perceraian
Janda terbanyak jumlahnya dimiliki oleh tujuh provinsi di Indonesia. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Janda merupakan julukan bagi wanita yang ditinggal oleh suami, entah karena bercerai ataupun meninggal dunia. Dari dua faktor tersebut, kasus perceraian ternyata cukup signifikan dalam menjadikan wanita seorang janda.

Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan rumah tangga yang langgeng sampai maut memisahkan. Sayang, mempertahankan pernikahan bagi beberapa pasangan sangatlah sulit, hingga tak jarang berujung pada perceraian.

Dikarenakan tingginya kasus perceraian di suatu daerah, banyak wanita serta pria muda harus menyandang status janda dan duda. Berikut tujuh provinsi di Indonesia dengan jumlah janda terbanyak, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022).



1. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat berada di posisi pertama menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Pada 2021, tercatat kasus perceraian mencapai 98 ribu.

Adapun salah satu kota dengan janda terbanyak ada di Garut, Jawa Barat. Setidaknya pada 2021 terdapat sekitar 5.700 kasus perceraian yang diterima dan diproses Pengadilan Agama Garut. Penyebab perceraian di antaranya faktor ekonomi dan pendidikan rendah.

2. Jawa Timur

Jawa Timur juga menjadi provinsi dengan populasi janda terbanyak. Setidaknya ada 88 ribu perempuan berstatus janda. Salah satu kota di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah janda terbanyak adalah Surabaya.

3. Jawa Tengah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)