Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Cegah Komplikasi Flu

Jum'at, 02 September 2022 - 13:57 WIB
loading...
Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Cegah Komplikasi Flu
Kebanyakan masyarakat tidak terlalu menanggapi secara serius saat menderita flu atau influenza. / Foto: freepik.com/diana.grytsku
A A A
JAKARTA - Kebanyakan masyarakat tidak terlalu menanggapi secara serius saat menderita flu atau influenza . Bahkan, saat mulai bersin-bersin, pusing, meriang dan sedikit demam, hingga diare.

Padahal, tak semua penyakit dengan gejala flu bisa tuntas hanya dengan obat semata. Flu merupakan salah satu infeksi virus yang bisa menjurus berbagai penyakit lain, mulai dari gejala penyakit ringan hingga komplikasi penyakit berat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, setidaknya ada 290.000-650.000 orang yang meninggal akibat virus influenza. Hal ini bisa terjadi ketika penyakit influenza telah mencapai tahap komplikasi.

Baca juga: Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi dalam Sehari

Ada berbagai jenis komplikasi flu, mulai dari yang ringan hingga berat. "Ada berbagai jenis komplikasi flu seperti pneumonia, infeksi telinga, infeksi sinus, atau kondisi yang jauh lebih serius, seperti gagal jantung kongestif, asma, atau diabetes," sebut Center of Disease Control and Prevention, dikutip jumat (2/9/2022).

Siapapun berrisiko terkena komplikasi flu. Namun, orang dengan usia lanjut atau 65 tahun ke atas, orang dengan kondisi medis kronis --seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung-, wanita hamil, dan anak-anak di bawah 5 tahun, memiliki risiko terbesar terkena komplikasi flu.

Lantas, bagaimana cara mencegah terjadinya komplikasi flu? Menurut WHO, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya flu.

"Cuci tangan secara rutin. Tutupi mulut dan hidung ketika batuk atau bersin dengan tisu. Istirahat cukup ketika merasa tidak enak badan, pusing, atau gejala flu lainnya," tulis WHO dalam laman resminya.

Kemudian, hindari kontak dengan orang sakit dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut. "Lakukan vaksinasi flu setahun sekali," sebut WHO.

Vaksinasi flu terbukti efektif dan telah digunakan selama 60 tahun. Idealnya, vaksinasi flu dilakukan setiap setahun sekali. Hal ini dianjurkan untuk meng-update kondisi imun agar tetap kuat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)