5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Tumbuh Liar

Sabtu, 03 September 2022 - 17:06 WIB
loading...
5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Tumbuh Liar
Tanaman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi sangat beragam. Tanaman ini ampuh bisa menghilangkan lemak jahat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Tanaman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi sangat beragam. Tanaman ini terbukti ampuh bisa menghilangkan lemak jahat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti stroke dan serangan jantung.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal. Salah satunya dengan menggunakan tanaman ini yang bisa dikonsumsi langsung atau direbus dan diminum airnya. Berikut tanaman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga: Mengapa Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi? Ini Alasannya

1. Pandan

5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Tumbuh Liar

Foto/Getty Images

100 gram daun pandan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, dan banyak vitamin, seperti vitamin C, B1, B2, dan B3. Daun pandan juga mengandung mineral lainnya, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh jurusan Kesehatan Hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), ditemukan sifat antikolesterol pada daun pandan.

2. Daun Kari

5 Tanaman yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Nomor 3 Tumbuh Liar

Foto/Getty Images

Penelitian menunjukkan bahwa daun kari kaya akan alkaloid dan senyawa fenolik yang merupakan zat pelindung dan berkhasiat bagi kesehatan. Daun kari juga kaya akan antioksidan, berbagai vitamin seperti A, B, C dan E yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menekan stres oksidatif. Mengonsumsi daun kari secara teratur bisa mengurangi faktor risiko kolesterol tinggi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1337 seconds (10.55#12.26)