Cara Menurunkan Kolesterol dengan Belimbing Wuluh, Ampuh Dimakan Langsung

Sabtu, 03 September 2022 - 19:10 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Belimbing Wuluh, Ampuh Dimakan Langsung
Cara menurunkan kolesterol dengan belimbing wuluh disa dilakukan dengan memakannya secara langsung. Buah rasa asam ini menyimpan banyak manfaat kesehatan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan belimbing wuluh disa dilakukan dengan memakannya secara langsung. Buah dengan rasa asam ini menyimpan banyak manfaat kesehatan. Seperti menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Dilansir dari Malaysian Food Composition Database (MFCD), Sabtu (3/9/2022) belimbing wuluh mengandung cukup vitamin C, tiamin, riboflavin (BA2), niasin (BA3), retinol, karoten dan retinol (RE).

Dilansir dari Healthline, belimbing wuluh rendah kalori namun tinggi serat dan vitamin C. Belimbing jenis ini sangat bergizi mengingat kandungan kalorinya yang rendah. Sementara itu, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus memperhatikan beberapa hal.

Pastikan belimbing wuluh sudah matang, buah belimbing yang matang harus berwarna kuning dengan sedikit warna hijau, bilas buah di bawah air, potong ujungnya, kemudian iris dan buang bijinya. Belimbing wuluh bisa dikonsumsi secara langsung.


Namun, jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, belimbing wuluh dapat ditambahkan ke dalam berbagai menu harian. Seperti halnya dijadikan salad yang, gunakan sebagai hiasan makanan.

Gunakan belimbing wuluh menjadi pai atau puding, tambahkan ke semur dan kari, masak dengan hidangan seafood, diolah menjadi selai, manisan atau jus.

Di sisi lain, belimbing wuluh mengandung quercetin, asam galat, dan epikatekin. Khasiat untuk kolesterol karena ada senyawa dalam belimbing yang telah terbukti mengurangi risiko perlemakan hati dan kolesterol pada tikus.

"Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa belimbung wuluh dapat mengurangi peradangan, kolesterol, dan risiko perlemakan hati. Namun, penelitian manusia masih kurang," jelas laporan Healthline.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)
pixels