Gejala Kolesterol Tinggi pada Anak-Anak, Orangtua Harus Peka!

Selasa, 06 September 2022 - 08:48 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi pada Anak-Anak, Orangtua Harus Peka!
Kolesterol tinggi pada anak-anak bisa saja terjadi. Maka itu, memahami gejala kolesterol tinggi pada si buah hati penting bagi para orangtua. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi pada anak-anak bisa saja terjadi. Maka itu, memahami gejala kolesterol tinggi pada si buah hati penting bagi para orangtua. Jangan sampai gejala tersebut sudah terlihat, tapi Anda tidak menganggap serius.

Sebab, kolesterol yang tidak tertangani dengan benar meningkatkan risiko penyakit lain misalnya saja jantung, stroke, bahkan parahnya bisa sebabkan kematian. Itu kenapa tahu gejala kolesterol tinggi pada anak-anak penting bagi orangtua.



Nah, di artikel ini SINDOnews coba menjelaskan gejala kolesterol tinggi pada anak-anak. Dilansir dari eMedicine Health, Selasa (6/9/2022), berikut ulasan selengkapnya.

Diterangkan dalam laman kesehatan tersebut bahwa tidak ada gejala khusus seorang anak mengalami kolesterol tinggi. Hal ini yang menyulitkan pencegahan di masa dewasanya.

"Umumnya tidak ada tanda atau gejala peningkatan kadar kolesterol selama masa kanak-kanak. Tetapi, saat mereka tumbuh dewasa, kolesterol tinggi itu bisa dikenali lewat munculnya timbunan lemak kecil di kulit, pembesaran hati dan limpa, serta pasien mengalami serangan jantung, stroke, atau masalah pembuluh darah perifer," terang laman tersebut.



Lebih lanjut, menurut American Heart Association, ada penelitian yang valid bahwa proses penumpukan kolesterol di arteri sudah dimulai pada masa kanak-kanak. Artinya, diagnosis sejak dini dapat mencegah masalah yang disebabkan kolesterol tinggi di masa dewasa. Itu mengapa, diagnosis kolesterol tinggi bisa dilakukan di masa kanak-kanak.

Di sisi lain, cara mendiagnosis kolesterol tinggi pada anak-anak ternyata tak jauh berbeda dengan orang dewasa. Menghitung kadar kolesterol dalam darah anak juga melalui tes darah di laboratorium.

"Tes kolesterol pada anak sangat penting terlebih jika ada riwayat penyakit jantung di keluarga atau jika orangtua si anak kolesterolnya tinggi," terang laman Cleveland Clinic.

Jika kadar kolesterol anak dinilai tinggi dari hasil tes darah, maka pengobatan medis bisa dilakukan. Ya, si kecil bisa diberikan obat khusus sesuai dengan kondisinya. Tak hanya itu, dokter juga akan menyarankan orangtua untuk mengubah diet si kecil.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)