4 Tips agar Ibu Tetap Bahagia, Me-Time hingga Self-Reward

Rabu, 07 September 2022 - 16:00 WIB
loading...
4 Tips agar Ibu Tetap Bahagia, Me-Time hingga Self-Reward
Ada cara yang bisa memberikan kekuatan super pada para ibu agar tetap bahagia. Foto Ilustrasi/Adobe
A A A
JAKARTA - Berkutat dengan segudang kebutuhan keluarga serta tugas-tugas yang menumpuk, terkadang terasa melelahkan dan menjenuhkan bagi seorang ibu. Padahal, salah satu kunci kebahagiaan keluarga adalah sang ibu merasa bahagia.

Jika Anda seorang ibu dan sedang merasa lelah atau jenuh, berikut empat cara yang bisa berikan kekuatan super agar tetap bahagia tetapi semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi.

1. Alokasikan waktu untuk diri sendiri

Memikirkan kepentingan diri tidak kalah penting bagi seorang ibu. Me-time adalah kunci bagi ibu agar merasa lebih santai, me-recharge energi, dan tidak burnout dalam menjalani rutinitas rumah tangga yang padat.

Melakukan hobi bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk me-time. Selain itu, aktivitas me-time juga bisa disesuaikan dengan usia anak. Jika anak masih kecil, cobalah mencari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Jika anak sudah cukup besar, ibu dapat memanfaatkan waktu saat anak berada di sekolah dengan relaksasi, creambath, atau sekadar berkumpul dengan teman lama.

2. Tahu bahwa tiap keluarga punya kemampuan dan kebiasaan masing-masing

Saat ini ada banyak sekali konten mengenai keluarga yang dibagikan di media sosial, termasuk konten mengenai keseharian ibu dalam mengurus kebutuhan keluarga. Terkadang konten-konten tersebut menjadi inspirasi bagi kebanyakan ibu, namun banyak juga yang malah menjadikan hal ini perbandingan bagi diri sendiri dan pada akhirnya menimbulkan perasaan kecil hati.

Padahal, setiap ibu dan keluarga pasti memiliki keunikan serta tantangan masing-masing. Jadi, jangan terlalu ambil pusing ya moms, karena hanya akan membuat kita selalu merasa kurang dan stres. Fokuslah untuk melakukan yang terbaik bagi keluarga dengan kemampuan yang ada dan dengan cara kita sendiri.

3. Rayakan kemenangan sekecil apa pun dengan self-reward

Tak ada salahnya untuk merayakan kemenangan sekecil apa pun setelah melakukan berbagai tugas setiap hari. Cara memberikan penghargaan pada diri sendiri cukup beragam dan bisa dilakukan dengan sederhana. Misalnya dengan belanja barang kesukaan, pergi ke salon, hangout bareng teman, atau menikmati semilir angin di rumah sembari menyantap makanan kesukaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)