Creator's Day 2022 Wujud Merdeka Berkreasi Warga Jakarta

Kamis, 08 September 2022 - 19:57 WIB
loading...
Creators Day 2022 Wujud Merdeka Berkreasi Warga Jakarta
Creators Day kali ini merupakan rangkaian kegiatan pameran foto, dan bincang creator sebagai bentuk kolaborasi antara komunitas dan instansi pemerintah. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kegiatan Creator's Day yang diinisiasi oleh Jakarta Content Creator Community (JCC Community) diselenggarakan di Aula Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini.

Creator's Day kali ini merupakan rangkaian kegiatan pameran foto, dan bincang creator sebagai bentuk kolaborasi antara komunitas dan instansi pemerintah guna menampilkan sisi lain kota Jakarta dalam karya-karya visual transformasi ruang ketiga Jakarta tempo dulu dan wajah baru Jakarta selama lima tahun terakhir.

Acara yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dan Drs. Wahyu Haryadi kepala Dinas Keperpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta ini dimeriahkan oleh sejumlah komunitas konten kreator seperti Potopotokota, Geonusantara, Kalong Bekasi, dan Video Maker Indonesia (VMI) serta para penulis, fotografer dan masyarakat umum yang ingin melihat ruang-ruang ketiga Kota Jakarta.

Baca juga: Misteri di Balik Panggung Musik

"Kita bersyukur sekali ada sebuah komunitas yang mempertemukan para content creator, saling bertukar gagasan, saling belajar, dan memberikan sudut pandang. Para content creator ini berhasil memanfaatkan menjadi karya visual yang mengagumkan. Sering saya sampaikan, kota ini (Jakarta) seperti kanvas kosong yang kita ajak siapa saja untuk ikut menorehkan lukisan diatas kanvas. Silahkan jadikan tempat ini tempat kreatif," kata Anies.

Dalam sambutannya Anies juga menjelaskan, kota yang kita miliki adalah kota yang memberikan pengalaman, bukan sekadar kota tempat mencari penghidupan yang lebih baik. Karena itu, kata dia, kota ini memiliki kehidupan yang harus dijadikan pengalaman.

Penduduk di kota Jakarta ketika menjalani perpindahan dari ruang pertama ke ruang kedua dia akan melewati ruang ketiga dan disitu akan ada perasaan kesetaraan, perasaan kebersamaan, perasaan mempersatukan. Itu sebabnya mengapa pembangunan ruang-ruang ketiga itu dilakukan secara serius.

Ia menyebut Jakarta Content Creator Community telah berhasil memanfaatkan ruang-ruang ketiga Jakarta jadi sebuah karya visual yang mengagumkan dan Pemprov DKI Jakarta punya tanggung jawab untuk menambah dan membesarkan.

Anies juga mengimbau, agar pengunjung pameran ini bisa melihat setiap sudut kota. Kemudian, jadikan itu sebagai inspirasi untuk melihat Jakarta saat ini.

"Saya mengajak warga Jakarta untuk hadir dan berkunjung ke pameran foto ini supaya melihat dari dekat dan menjadikan sebagai inspirasi untuk melihat Jakarta dalam perspektif yang lain. Setiap kita adalah fotografer, yang bisa membuat konten," katanya.

Sebagai informasi tambahan, pameran foto Transformasi Ruang-ruang Ketiga Jakarta berlangsung pada 2-8 September 2022 di Perpustakaan DKI Jakarta, lantai 4,5 dan 6 Taman Ismail Marzuki dengan menampilkan koleksi foto Jakarta tempo doeloe dan wajah baru Jakarta lima tahun terakhir, karya para kreator konten Ibukota.

Baca juga: Musim Hujan Datang Lebih Awal, Waspadai 3 Penyakit Ini

Ketua Panitia Creator's Day Rifky Widianto mengatakan, pameran foto yang digelar di lantai empat, lima, dan enam Perpustakaan DKI Jakarta ini menjadi potret penting perjalanan kota Jakarta yang telah menjawab tantangan global dan pengalaman bagi siapa saja yang datang ke kota Jakarta.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1711 seconds (10.177#12.26)