Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jum'at, 09 September 2022 - 15:20 WIB
loading...
Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?
foto: Shutterstock
A A A
JAKARTA - Bagi kamu yang punya rencana liburan ke Singapura, ada info penting yang wajib diketahui tentang aturan baru soal Singapore Arrival Card. Yup, sekarang ada yang beda lho, karena setiap orang yang akan masuk ke negara Singapura, wajib submit Singapore Arrival Card secara online H-2 sebelum kedatangan. Ribet gak sih? tenang, kamu gak perlu khawatir ya!. Berikut ini kita akan ajak kamu untuk mengetahui apa itu Singapore Arrival Card dan bagaimana cara mendapatkannya.

Tapi sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan vaksinasi booster dan sudah mengaktifkan Peduli Lindungi, untuk bisa terbang ke luar negeri. Sekarang, langsung kita intip penjelasan seputar Singapore Arrival Card atau biasa populer disebut SGAC yang wajib kamu tahu, yukk
Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Foto: Dok Freepik

Apa itu Singapore Arrival Card?

Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Singapore Arrival Card adalah kartu kedatangan elektronik (Electronic Arrival Card) yang berisi tentang data informasi pribadi, perincian perjalanan, dan pernyataan kesehatan bagi warga negara asing yang akan berkunjung ke Singapura. Hal ini berlaku juga bagi warga negara Singapura yang tiba dari perjalanan luar negeri lho.

Singapore Arival Card resmi diluncurkan Imigrasi Cekpoin Author Singapura (ICA) sejak 26 April 2022. Jadi, setiap orang dari negara lain, termasuk kita dari Indonesia yang akan masuk ke Singapura harus memiliki Singapore Arival Card sebagai syarat wajib.
Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Photo : Situs web ICA

Intip Cara Mengisi Kartu Kedatangan Elektronik atau Singapore Arrival Card
Apa Itu Singapore Arrival Card dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Photo : Situs web ICA

Setelah membuka web ICA di https://www.ica.gov.sg/ , selanjutnya klik submit online. Terdapat pilihan menu yakni Singapore Citizen, Permanent Resident & Long Ter Pass Holders dan Foreign Visitors. Untuk wisatawan pilihlah Foreign Visitors.

Selanjutnya, terdapat dua pilihan form, yakni individu dan group. Untuk kamu yang bepergian sendiri, pilihlah bagian form individu. Jangan lupa siapkan paspor dan info tiket akomodasi perjalanan selama di Singapura untuk mengisi data di SGAC.

Sedangkan, jika berlibur bersama keluarga, pilih form Group Submission, langkah pengisiannya pun sama dengan pilihan pada form individu.

Ada beberapa data identitas personal yang harus diisi mulai dari nama, tanggal lahir, nomor paspor, asal negara, alamat email, tanggal kedatangan, selanjutnya isi mengenai moda transportasi yang digunakan bisa jalur udara atau laut.

Dengan mengisi form Group Submission lebih efektif karena cukup orang yang pertama yaitu pemimpin tour atau kepala perjalanan yang mengisi secara lengkap form Singapore Arrival Card lalu dilanjutkan identitas turis lainnya dan tidak perlu mengisi data selengkap orang yang pertama mengisi. Mudah kan!

Bagaimana Cara Menyerahkan Singapore Arrival Card?
Pertama, kunjungi situs web layanan Singapore Arival Card (SGAC), kemudian isi form sesuai petunjuk. Ingat ya, kamu hanya boleh mengirimnya melalui layanan elektronik SGAC resmi yang ada di situs web ICA atau aplikasi MyICA Mobile, dan gratis pastinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)