Gaung Pentingnya Gizi untuk Pegiat Olahraga lewat Program Winning Meals Kachimeshi

Minggu, 11 September 2022 - 04:29 WIB
loading...
Gaung Pentingnya Gizi untuk Pegiat Olahraga lewat Program Winning Meals Kachimeshi
Winning Meals Kachimeshi bertujuan mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September menjadi ajang refleksi dan momentum bagi pembinaan atlet-atlet Indonesia di masa yang sebelumnya. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun telah menetapkan tema besar Hari Olahraga Nasional 2022 adalah Bersama Cetak Juara. Menurut Menpora, tema ini adalah kelanjutan dari semangat mendorong cita-cita besar prestasi bangsa dalam desain olahraga nasional.

PT Ajinomoto Indonesia juga memiliki program unggulan untuk pengembangan kebutuhan atlet maupun pegiat olahraga yakni Winning Meals Kachimeshi. Ini merupakan adaptasi dari program Ajinomoto Co., Inc (Jepang) dengan nama Victory Project, yang mendukung kondisi atlet di Jepang melalui bimbingan terkontrol dari nutrisionis olahraga serta pemberian menu makanan dan gizi yang disesuaikan disertai dengan suplementasi produk aminoVITAL.

Di Indonesia, program Winning Meals Kachimeshi bertujuan mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional. Program ini meliputi pendampingan intensif dari sport nutritionist, pemberian menu makanan bergizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet tersebut berdasarkan porsi latihan yang dijalani serta suplementasi produk aminoVITAL.

Kini, menu Winning Meals Kachimeshi juga dapat diterapkan bagi para pegiat olahraga lain supaya tetap bisa menjaga kesehatan tubuh, sekaligus memperoleh performa yang baik saat berolahraga.

Menurut Dr. Mury Kuswary, SPd, MSi, Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI), ada beberapa asupan gizi yang esensial bagi seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan fisik, serta proses pemulihan setelah latihan fisik intens.

“Bagi seorang atlet, untuk meningkatkan kekuatan otot tentu zat gizi protein berperan sangat penting dalam membantu proses sintesis protein, supaya kekuatan otot serta proses recovery nantinya menjadi optimal. Selain itu juga harus didukung dengan zat gizi makro dan mikro lain dengan kualitas yang baik. Selain kualitas, jumlah yang tepat serta meal timing menjadi faktor penting agar atlet dapat menampilkan performa terbaik saat latihan maupun pertandingan,” papar Dr. Mury belum lama ini.

“Program penyesuaian menu makanan dan asupan gizi seperti Winning Meals Kachimeshi menurut saya sangat baik diterapkan bagi atlet maupun para pegiat olahraga di Indonesia. Kebutuhan gizi terlebih asupan protein yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk atlet maupun pegiat olahraga karena dapat membantu memenuhi kecukupan tubuh dalam melakukan aktivitas fisik, supaya menjadi lebih sehat, bugar, dan produktif. Kita dapat melihat contoh kesuksesan program ini dari atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa yang sudah banyak menjuarai kompetisi di kancah internasional,” lanjutnya.

Munurut Dr. Mury, Hari Olahraga Nasional dapat menjadi momentum untuk semua insan olahraga maupun masyarakat dalam menggaungkan kembali semangat rutin berolahraga supaya menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu perlu juga didukung asupan gizi yang baik. Gizi ibarat bahan bakar kendaraan bagi atlet maupun pegiat olahraga. Sebaik apa pun kendaraan tanpa bahan bakar yang baik akan berjalan dengan lambat.

Menurut Head of Public Relations Department PT Ajinomoto Indonesia Grant Senjaya, tidak hanya atlet yang menjadi fokus program Winning Meals Kachimeshi, karena pihaknya berkomitmen dan ingin berkontribusi terhadap asupan gizi keluarga Indonesia dengan menghadirkan produk terbaik.

“Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas. Ajinomoto percaya, dengan pemenuhan gizi yang baik maka akan terbentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi. Ajinomoto memegang penuh komitmen untuk terus berbagi pengalaman dan pesan bahwa makanan adalah salah satu kunci penting untuk mewujudkan gaya hidup sehat," papar Grant.

Sementara itu, New Business Manager PT Ajinomoto Indonesia Melisa Margaretha mengatakan, asam amino adalah satu-satunya nutrisi yang dapat menggantikan protein otot yang hilang saat berolaraga. Khususnya asam amino essensial yang disebut BCAA (Branch Chain Amino Acids), terdiri dari Valin, Leusin, dan Isoleusi, yang berfungsi dalam pembentukan otot dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu asupan dari makanan dan minuman olahraga yang dibutuhkan oleh para atlet ataupun pegiat olahraga. Untuk itu, Ajinomoto pun menghadirkan produk aminoVITAL.

“aminoVITAL adalah minuman jeli asam amino rasa apel dalam 1 kemasan 100 gr (2 sajian) dibuat dengan 3.000 mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) dan sudah bersertifikasi halal. Baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah sesi olahraga," terang Melisa.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3410 seconds (11.97#12.26)