Gejala dan Cara Cegah Listeria karena Ikan Asap yang Lagi Heboh di Inggris

Selasa, 13 September 2022 - 06:06 WIB
loading...
A A A
Gejala juga biasanya muncul pada bayi baru lahir di minggu pertama kehidupan, tetapi dapat pula terjadi di kemudian hari. Gejala pada bayi baru lahir sering tidak terlihat, namun dapat berupa tanda seperti lekas marah, demam, dan tidak mau makan.

Selain olahan ikan siap saji atau olahan ikan mentah, sumber penularan bakteri Listeria dapat terjadi pada beberapa aspek mulai dari pemilihan makanan, pengolahan, hingga penyajian.

Pada pemilihan makanan penularan biasanya terjadi pada produk seperti susu mentah, susu yang proses pasteurisasinya kurang benar, keju (terutama jenis keju yang dimatangkan secara lunak), es krim, sayuran mentah, sosis dari daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah dan yang sudah dimasak, serta semua jenis daging mentah.

Pada saat pengolahan makanan, juga dapat terjadi penularan jika menggunakan alat masak yang telah terkontaminasi L. monocytogenes.

Pencegahan Listeriosis

Berikut terdapat beberapa langkah pencegahan agar terhindar dari infeksi bakteri Listeria:

1. Bilas bahan mentah dengan air mengalir seperti buah-buahan dan sayuran, sebelum dimakan, dipotong, atau dimasak. Bahkan jika hasil tersebut sudah dikupas, tetap harus dicuci terlebih dulu.

2. Menggosok produk hasil pertanian seperti melon dan mentimun, dengan menggunakan sikat bersih sebelum disimpan, dan keringkan produk dengan kain bersih atau kertas.

3. Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap-saji.

4. Cuci peralatan masak, berupa alat atau alas pemotong yang telah digunakan untuk daging mentah, unggas, produk-produk hewani sebelum digunakan pada produk makanan lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3731 seconds (11.210#12.26)