Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan, Hidung dan Lutut yang Harus Segera Temui Dokter

Selasa, 13 September 2022 - 17:33 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan, Hidung dan Lutut yang Harus Segera Temui Dokter
Gejala kolesterol tinggi di tangan, hidung dan lutut harus diketahui. Pasalnya, kolesterol tinggi sering tanpa gejala sehingga dapat menyebabkan penyumbatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi di tangan, hidung dan lutut harus diketahui. Pasalnya, kolesterol tinggi sering datang tanpa gejala yang menonjol sehingga jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan penyumbatan di arteri dan memicu serangan jantung atau stroke.

Terkait kesehatan jantung, kolesterol adalah parameter yang paling penting. Penumpukan kadar kolesterol jahat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, meningkatkan tekanan darah dan menghambat sirkulasi.

Dilansir dari Times Now News, Selasa (13/9/2022) sulit untuk mengatakan bahwa gejala tertentu merupakan indikasi kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Seringkali sejumlah gejala yang datang bersamaan mengharuskan Anda menjalani tes patologis untuk memeriksa kadar lipid darah. Seorang dengan kolesterol tinggi mungkin tidak langsung mengetahui gejala yang muncul pada pandangan pertama.

Baca Juga: 5 Cara Tercepat Menurunkan Kolesterol dengan Benar, Lemak Jahat Langsung Rontok

Namun, Asosiasi Akademi Dermatologi Amerika menyebutkan bahwa kulit bisa menunjukkan gejala kolesterol tinggi yang serius. Adapun gejala kondisi ini berupa benjolan kecil, lunak, kuning atau berwarna merah di siku, lutut, tangan, kaki, atau terkadang di sekitar hidung.

“Dalam kasus yang parah, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan lemak, lesi kekuningan pada kulit yang disebut xantoma,” kata konsultan kardiolog di Harley Street Clinic Dr Rodney Foale.

Kondisi ini disebabkan oleh akumulasi partikel kolesterol dan lemak di sel-sel kulit dan sering terjadi di sekitar mata. Saat disentuh, gejala ini juga bisa menyebabkan rasa gatal atau nyeri.

“Mereka dapat muncul sebagai gumpalan kecil tunggal atau dalam kelompok dan dapat bervariasi dalam ukuran dan warna,” jelas Dr Foale.

Baca Juga: 3 Jenis Kolesterol yang Harus Anda Waspadai
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.210#12.26)