Begini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Perut

Rabu, 14 September 2022 - 11:22 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Perut
Cara menurunkan kolesterol tinggi di perut. Foto DOK Virinchi Hospitals
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol tinggi di perut tentunya harus dipahami agar terhindar dari bahaya penyakit lainya yang ditimbulkan. Selain menyebabkan obesitas, lemak diperut juga bisa menyebabkan jantung dan stroke.

Melansir dari Jurnal bertajuk Perbedaan Kadar Kolesterol Orang yang Obesitas dengan Orang Non Obesitas, pada dasarnya obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebih sehingga mengganggu kesehatan, namun tidak semua obesitas ini disebabkan oleh tingginya kolesterol.

Baca juga : Kolesterol Tinggi, Gejala Pertama yang Mengancam Jiwa

Tingginya kadar kolesterol di perut ini juga dapat menyerang orang yang tidak memiliki berat badan berlebih. Untuk itulah diperlukan pengecekan pada dokter.

Dilansir dari publikasiilmiah.ums.ac.id, Pengecekan ini disebut dengan IMT (Indeks Massa Tubuh) yang mencakup tekanan darah dan konsentrasi kolesterol total baik itu LDL maupun HDL.

IMT ini sering digunakan sebagai langkah sederhana untuk menentukan resiko penyakit. Terutama untuk mengukur kadar kolesterol dalam tubuh.

Apabila memiliki kadar kolesterol berlebih tentunya harus mulai melakukan tahap pencegahan terlebih lagi bila dibarengi dengan berat badan yang tinggi.

Kadar normal kolesterol sendiri berada di angka kurang dari 200 mg/dL. Kadar ini perlu terus dikontrol dengan menjaga pola hidup sehat.

Baca juga : 4 Sarapan Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ketimbang menurunkan kolesterol melalui obat obatan kimia lebih baik bila meningkatkan pola hidup sehat dan memilih makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1520 seconds (11.252#12.26)