Nutrisi yang Tepat untuk Rambut

Jum'at, 16 September 2022 - 17:38 WIB
loading...
Nutrisi yang Tepat untuk Rambut
Agar rambut senantiasa sehat dan kuat, kita juga perlu merawatnya dari dalam. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Agar rambut senantiasa sehat dan kuat, kita juga perlu merawatnya dari dalam. Kuncinya adalah mengonsumsi berbagai jenis nutrisi rambut agar tiap helainya bersinar dan berkilau.

Nutrisi untuk rambut tersebut tersebar di berbagai makanan, sehingga penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi.

Apa saja nutrisi untuk rambut yang bisa kita konsumsi? Ini dia daftarnya.

Baca juga: Bahaya Menghirup Debu bagi Kesehatan Pernapasan

1. Vitamin A

Semua bagian sel tubuh, termasuk rambut, memerlukan vitamin A untuk tumbuh dan berkembang. Jaringan rambut pun sebenarnya menjadi salah satu jaringan yang cepat untuk tumbuh.

Selain itu, vitamin A juga membantu kelenjar kulit menghasilkan senyawa berminyak yang disebut sebum. Sebum juga terdapat pada kulit kepala dan membantu melembapkan bagian ini, sehingga rambut menjadi senantiasa sehat.

2. Vitamin B

Jenis vitamin B yang paling dikaitkan sebagai nutrisi rambut adalah biotin atau vitamin B7. Berbagai studi telah menemukan, defisiensi vitamin B7 dikaitkan dengan rambut rontok pada manusia, walau sebenarnya kasus defisiensi tersebut jarang terjadi.

Selain vitamin B7, beberapa vitamin B lain juga berperan dalam produksi sel darah merah. Sel darah merah penting untuk peredarah oksigen dan nutrisi, termasuk ke kulit kepala dan folikel rambut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1094 seconds (10.55#12.26)