5 Obat Kolesterol Tinggi Paling Ampuh yang Biasa Diresepkan Dokter

Minggu, 18 September 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Sekuestran asam empedu tidak seefektif obat penurun kolesterol lainnya. Mereka sering diresepkan untuk orang-orang yang kadar kolesterolnya hanya sedikit meningkat atau diresepkan dalam kombinasi dengan obat lain. Adapun obat ini di antaranya cholestyramine, colesevelam dan colestipol.



3. Niasin

Niasin juga dikenal sebagai vitamin B3. Menurut penelitian, obat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 10 persen sampai 15 persen serta meningkatkan kadar kolesterol baik sebanyak 35 persen. Meskipun dapat membelinya tanpa resep, hanya niasin dengan resep dokter yang efektif untuk menurunkan kolesterol.

Karena sejumlah efek samping, niasin biasanya disediakan untuk orang yang tidak dapat mentoleransi terapi statin. Obat ini di antaranya niacor, niaspan, slo-niacin.

4. Inhibitor Absorption

Obat ini mencegah penyerapan kolesterol jahat di usus. Ezetimibe (Zetia) adalah satu-satunya pengobatan yang tersedia dari kelas obat ini. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, ini adalah obat penurun kolesterol kedua yang paling sering diresepkan setelah statin.

Sama seperti obat lainnya, ezetimibe juga bisa menyebabkan efek samping. Di antaranya sakit perut, perut kembung, diare dan kelelahan.



5. Inhibitor PCSK9
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)