Apakah Ikan Salmon Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Senin, 19 September 2022 - 13:39 WIB
loading...
Apakah Ikan Salmon Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya
Kolesterol di dalam darah harus dikontrol untuk menjaga kesehatan Anda, salah satunya dengan mengasup makanan sehat seperti ikan salmon. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kolesterol di dalam darah harus dikontrol untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan dan membuatnya tetap terkendali.

Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan kolesterol yang sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan Anda. Di antara berbagai jenis bahan makanan, ikan salmon merupakan menu favorit banyak orang karena dinilai enak dan lebih bergizi. Namun, masih banyak yang mempertanyakan apakah ikan salmon mengandung kolesterol?

Beberapa penelitian memaparkan bahwa dengan mengonsumsi lemak tidak jenuh yang dikandung oleh ikan salmon sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam 90 gram ikan salmon atlantik diketahui memiliki kandungan 23 gram protein dan 6 gram lemak, yang sebagin besarnya termasuk ke dalam lemak tidak jenuh.

Baca Juga: Apakah Pete Mengandung Kolesterol? Begini Penjelasannya

Lemak tidak jenuh yang terkandung dalam ikan salmon menjadikannya salah satu makanan padat nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik .

“Orang dengan kolesterol tinggi justru tidak boleh menghindari salmon. Itu karena salmon sebenarnya memainkan bagian integral dalam diet jantung sehat secara keseluruhan,” kata ahli diet dan ahli gizi terdaftar di Lenox Hill Hospital di New York City, Samantha Gitlin, dikutip dari livestrong, Senin (19/9/2022).

Gitlin melanjutkan, ikan salmon tidak hanya rendah lemak jenuh dan kolesterol, tetapi juga kaya akan asam lemak omega-3 serta vitamin B12.

Menurut Klinik Cleveland, omega-3 adalah asam lemak esensial yang harus bersumber dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Dan pilihan ikan seperti salmon adalah salah satu sumber makanan omega-3 terbaik.

Baca Juga: Apakah Lele Mengandung Kolesterol? Ini Faktanya

Namun, bagaimana penderita kolesterol tinggi bisa mendapatkan manfaat omega-3 dari ikan salmon?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2933 seconds (11.97#12.26)