Sejarah Perhiasan yang Dipakai Kerajaan Inggris saat Berkabung, Dimulai Sejak Era Ratu Elizabeth I

Senin, 19 September 2022 - 15:48 WIB
loading...
A A A
Sejarah Perhiasan yang Dipakai Kerajaan Inggris saat Berkabung, Dimulai Sejak Era Ratu Elizabeth I

Foto/Vogue

“Etika seputar kematian menjadi lebih kompleks dan kaku selama abad 19, atau pada 1860-an. Seorang janda diharapkan berpakaian hitam selama satu tahun dan sehari setelah kematian suaminya, mengenakan ornamen matte hitam minimal, biasanya dari jet yang tidak dipoles," tulis Phillips.

"Lambat laun, dia diizinkan memakai perhiasan berkabung yang lebih rumit, kemudian berlian dan mutiara dan akhirnya kembali ke batu berwarna. Beberapa janda, mengikuti contoh Ratu Victoria, tidak pernah kembali ke potongan hati yang lebih ringan," sambungnya.

Akan tetapi aturan seperti itu tentu saja tidak lagi dipatuhi secara ketat. Hanya sedikit orang yang memakai perhiasan itu di hari berkabung, dan perdagangan gading, bahan tidak berwarna lain yang populer dalam pakaian berkabung abad ke-19 dilarang.

Namun mutiara, dengan polesan lembut dan halus serta hubungannya dengan kemurnian, masih dianggap sebagai pilihan yang tepat, bahkan lebih baik sekarang berkat pengembangan industri mutiara budidaya oleh Kokichi Mikimoto di awal abad ke-20. Jenis permata ini jauh lebih mudah diakses.

Keluarga kerajaan sendiri cukup beruntung untuk memakai perhiasan mutiara. Ratu Elizabeth II sendiri mengenakannya, ketika dia sedang berduka atas ayahnya George VI setelah kematiannya pada Februari 1952. Raja itu menemani ibunya, Ibu Suri, dan neneknya, Ratu Mary, untuk menemui peti jenazah ayahnya di stasiun Kings Cross.

Putri Diana kemudian memilih mutiara ketika menghadiri pemakaman Putri Grace of Monaco, yang meninggal secara tragis dalam kecelakaan mobil pada 1982. Diana juga memilih kalung pendek mutiara besar ketika dia menghadiri pemakaman Gianni Versace, setelah pembunuhannya di Juli 1997.

Kate Middleton mengenakan kalung mutiara lain yang sebelumnya dikenakan oleh Diana saat pemakaman Pangeran Philip pada April 2021. The Duchess of Cambridge tampil dengan kalung mutiara dan berlian empat untai berisi mutiara yang diberikan kepada Ratu oleh pemerintah Jepang pada 1970-an.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2863 seconds (0.1#10.140)