Sejarah Perhiasan yang Dipakai Kerajaan Inggris saat Berkabung, Dimulai Sejak Era Ratu Elizabeth I

Senin, 19 September 2022 - 15:48 WIB
loading...
Sejarah Perhiasan yang Dipakai Kerajaan Inggris saat Berkabung, Dimulai Sejak Era Ratu Elizabeth I
Kerajaan Inggris selalu menggunakan perhiasan saat berkabung. Ketika keluarga kerajaan meninggal, mereka menggunakan perhiasan kalung, cincin atau anting. Foto/Vogue
A A A
JAKARTA - Kerajaan Inggris selalu menggunakan perhiasan saat berkabung. Ketika keluarga kerajaan meninggal, mereka kerap terlihat tak tampil biasa, melainkan menggunakan perhiasan baik kalung, cincin atau anting-anting hingga bros.

Saat Ratu Elizabeth II meninggal dunia, sejumlah anggota keluarga Istana Inggris terlihat mengenakan pakaian serba hitam. Mereka juga tampak menggunakan anting-anting, bros maupun kalung mutiara.

Ternyata mutiara bagi keluarga Kerajaan Inggris sangat bermakna Di mana di dalamnya terdapat arti kesucian hingga menunjukan kebanggsawanan itu sendiri. Jenis perhiasan ini sangatlah bernilai, bukan hanya saoal harga, tapi kualitasnya.

Sejarawan perhiasan Vivienne Becker mengatakan, penggunaan perhiasan mutiara di masa berkabung adalah tradisi turun temurun. Bahkan sejak zaman Renaissance, Ratu Elizabeth I.

Sejarah Perhiasan yang Dipakai Kerajaan Inggris saat Berkabung, Dimulai Sejak Era Ratu Elizabeth I

Foto/Vogue

Baca Juga: Ratu Elizabeth II sebelum Meninggal Ungkap Tak Ingin Pemakamannya Membosankan



"Dengan memilihnya (mutiara), maka ia akan bersikap rendah hati dan penuh hormat," kata Becker dilansir dari Vogue, Senin (19/9/2022).

Mutiara sendiri berasal dari alam, terbentuk secara kebetulan di dalam cangkang moluska. Di mana benda ini merupakan sebuah keajaiban yang langka, dan telah membuat siapa saja terpesona akan kehadirannya.

Orang Yunani percaya, bahwa mereka terbentuk dari air mata para dewa. Kemudian dalam budaya Hindu, mutiara dikaitkan dengan bulan, melambangkan kebijaksanaan dan kemurnian.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1330 seconds (11.210#12.26)