Bahaya Lidah Tertelan dan Cara Penanganannya

Senin, 19 September 2022 - 21:55 WIB
loading...
Bahaya Lidah Tertelan dan Cara Penanganannya
Bahaya lidah tertelan sangat penting diketahui meski kejadian ini relatif jarang. Pasalnya, masalah yang kerap menggangu kesehatan lidah bukan hanya sariawan atau lidah tergigit saja. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Bahaya lidah tertelan sangat penting diketahui meski kejadian ini relatif jarang. Pasalnya, masalah yang kerap menyerang lidah bukan hanya sariawan atau lidah tergigit saja.

Ternyata, ada juga masalah lidah lain ya mungkin terjadi, yakni lidah tertelan. Loh, kok bisa? Ya, lidah tertelan yang dimaksud disini bukan lidah yang masuk ke dalam tenggorokan.

Kondisi lidah tertelan digunakan untuk kondisi bergesernya bagian belakang lidah hingga menutup saluran pernapasan yang terletak tepat di bawah lidah.

Meskipun masih terdengar awam, kondisi lidah tertelan sebenarnya sangat mungkin terjadi dalam dunia olahraga. Salah contoh kasus ini menimpa pemain sepak bola Martin Berkovec yang mengalami cedera mulut saat pertandingan.



Wajah Martin mendapat pukulan dari bola yang ditendang oleh pemain lain. Hal ini membuatnya pingsan karena kesulitan bernapas akibat kasus lidah tertelan yang terjadi. Oleh karena itu, kondisi ini tidak terlalu asing di kalangan pemain bola maupun orang yang menyukai pertandingan bola.

Bahaya lidah tertelan

Gejala utama dari kondisi lidah tertelan adalah bergesernya posisi lidah bagian belakang ke arah saluran napas di bawah lidah.

Kondisi tersebut membuat jalan napas menjadi tertutup. Orang dengan kondisi ini akan terlihat kesulitan bernapas dan dalam beberapa saat juga bisa mengalami pingsan.

Bahkan, kondisi yang dapat membuat pasokan oksigen ke paru-paru dan jantung berkurang ini dapat menyebabkan kematian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)