Kelebihan Memakai Softlens Dibandingkan Kacamata, Ketahui Juga Kekurangannya

Rabu, 21 September 2022 - 23:10 WIB
loading...
Kelebihan Memakai Softlens Dibandingkan Kacamata, Ketahui Juga Kekurangannya
Softlens atau lensa kontak dan kacamata sama-sama menjadi penolong untuk memperbaiki penglihatan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Softlens atau lensa kontak dan kacamata sama-sama menjadi penolong untuk memperbaiki penglihatan kita. Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung untuk memilih salah satunya.

Selain tergantung pada preferensi pribadi, gaya hidup, kenyamanan, kemudahan, anggaran biaya, dan estetika menjadi pertimbangan dalam memutuskan untuk memakain kacamata atau lensa kontak.

Sebelum memutuskan mau pakai yang mana, perlu diingat bahwa salah satunya tidak selalu lebih baik dari yang lain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal menajamkan penglihatan, kemudahan penggunaan, dan kesehatan mata.

Baca Juga: Benarkah Rutin Pakai Kacamata Bisa Mengurangi Kerutan?

Nah, bagi Anda yang memutuskan untuk memilih kontak lensa, terdapat beberapa keuntungan dibanding dengan memakai kacamata.

Yang pertama, lensa kontak dibuat sesuai kelengkungan mata Anda, menyediakan luas dan jangkauan pandang yang lebih maksimal sehingga lebih sedikit menyebabkan gangguan dan distorsi penglihatan daripada kacamata.

Selain itu, lensa kontak juga tidak akan mengganggu gerak-gerik Anda selama berolahraga atau bekerja dan tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca dan tidak berkabut saat cuaca dingin.

Kelebihan kontak lensa selanjutnya adalah, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai macam model dan warna lensa kontak sesuai gaya hidup serta kepribadian Anda. Apalagi, memakai kacamata berjam-jam membuat Anda lelah dan semakin tidak nyaman. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan lensa kontak.

Baca Juga: Tepat Memilih Lensa Kontak melalui Fitur Virtual Try On

Beberapa lensa kontak juga dapat membentuk kembali kornea Anda saat Anda tidur. Overnight orthokeratology (Ortho-k), misalnya, mengoreksi miopia Anda saat tidur secara sementara sehingga Anda dapat melihat dengan jelas keesokan harinya tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Meski begitu, di luar kelebihannya, lensa kontak juga tentu memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya membatasi jumlah oksigen yang mencapai mata Anda dan dapat menyebabkan atau meningkatkan keparahan sindrom mata kering.

Selain itu, lensa kontak memerlukan perawatan lensa yang tepat, dan kotak penyimpan lensa harus dibersihkan setiap hari untuk menghindari infeksi mata serius. Jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk menjalani siklus perawatan dan penggantian kontak, pertimbangkan lensa kontak sekali pakai.

Penggunaan lensa kontak juga membutuhkan biaya yang lebih besar daripada kacamata. Tidak hanya harus menghabiskan uang lebih banyak untuk lensa kontak di awal pemakaian, tetapi Anda juga mesti terus mendapatkan yang baru, termasuk biaya tempat penyimpanan lensa, perawatan, dan cairan desinfektan.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2941 seconds (10.101#12.26)